KPU Tetapkan Gus Ipul – Mas Adi Pemenang Pilkada Kota Pasuruan

Pasuruan, SERU.co.id – Setelah sebelumnya berhasil menggelar pesta demokrasi lima tahunan, untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan pada 9 Desember 2020 tahun lalu. Pada babak akhir, KPU Kota Pasuruan akan kembali menggelar acara penetapan Calon Walikota Pasuruan terpilih pada hari ini.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari, saat dihubungi melalui sambungan telepon selularnya, Kamis siang (21/1/2021). Pihaknya membenarkan informasi yang beredar, terkait acara penetapan calon walikota Pasuruan terpilih.

“Benar mas, esok hari (Jumat, 22/1/2021) KPU Kota Pasuruan akan menggelar acara penetapan Calon walikota Pasuruan terpilih yakni Saifulloh Yusuf dan Adi Wibowo. Saat ini kami masih menyiapkan berita acara penetapan untuk esok hari (hari ini-red),” ujarnya, Kamis (21/1/2021).

Ditambahkan, penetapan calon terpilih ini digelar setelah pihaknya menerima salinan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi.

ÔÇťAdapun acara penetapan calon walikota Pasuruan terpilih itu sendiri, sedianya akan kami gelar di Hotel Horizon sekitar pukul 13:00 Wib atau sehabis sholat Jum’at. Sementara itu terkait kelanjutannya yakni pelantikan Saifulloh Yusuf dan Adi Wibowo sebagai Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan periode 2020-2025 menjadi domain pihak Kementerian Dalam Negeri yang akan di wakili oleh Gubernur Jawa Timur,” tutup Royce Diana Sari.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesta demokrasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan 2020 diikuti oleh dua pasangan calon yaitu Saifullah Yusuf-Adi Wibowo (Giat) dan Raharto Teno Prasetyo-M. Hasjim Asjari (Tegas).

Hasil pencoblosan 9 Desember 2020 dan rekapitulasi hasil yang dilakukan oleh pihak KPU Kota Pasuruan, menetapkan pasangan calon Saifullah Yusuf-Adi Wibowo (Giat) memperoleh suara sebanyak 73.236 suara atau 67,9 persen. Sementara Raharto Teno Prasetyo-M. Hasjim Asjari (Tegas) memperoleh suara 34.572 atau 32,0 persen.Sementara itu tingkat kehadiran warga pemilih mencapai diatas 70%. (hen/mzm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *