Kota Malang Dikunjungi Satgas Covid Pusat, Sutiaji: Kita Kuatkan PPKM Mikro

Malang, SERU.co.id – Satuan Tugas Covid-19 pusat berkunjung ke Kota Malang meninjau persiapan, sekaligus pelaksanaan adendum yang dikeluarkan pemerintah. Pemkot Malang telah siap dengan menguatkan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Mikro (PPKM) sebelumnya.

Walikota Malang, Drs H Sutiaji menegaskan, kedatangan Satgas dari pusat untuk melihat persiapan Hari Raya dan setelah Hari Raya. Karena dikhawatirkan ada ledakan covid-19, baik pra maupun pasca lebaran.

“Sesungguhnya PPKM Mikro ini yang menginisiasi dari Kota Malang melalui kampung tangguh awal dulu. Kita kuatkan PPKM Mikro, penyekatan-penyekatan itu terbatas. Kalau PPKM mikro itu 24 jam,” seru Sutiaji, Selasa (4/5/2021).

Pihaknya mengungkapkan, meskipun ada kenaikan tapi terkendali dengan tingkat kematiannya bisa turun. Jika kenaikan fluktuatif yang tiba-tiba tidak terkendali, artinya goalnya ada di pengendalian. Kalau ada pengendalian berarti bisa menjangkau untuk melakukan treatment.

“Goalnya sebetulnya pada pengendalian. Terus trennya kedepan sudah ada pemantauan,” beber Sutiaji.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kota (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, kunjungan satgas kali ini melihat dan memotret apa yang ada di daerah, terutama di Kota Malang. Sebagaimana instruksi sesuai Presiden, Pemkot Malang menyampaikan apa yang sebenarnya terjadi dan terlaksana selama ini.

“Secara umum sudah dipaparkan oleh Pak Wali tentang situasi kondisi atau analisa situasi Covid di Kota Malang. Lebih khusus lagi tadi ditekankan pada peran daripada PPKM Mikro,” ungkap dr Husnul Muarif.

Kadinkes mendapat apresiasi dari Satgas Covid-19 untuk Kota Malang. (ws1) - Kota Malang Dikunjungi Satgas Covid Pusat, Sutiaji: Kita Kuatkan PPKM Mikro
Kadinkes mendapat apresiasi dari Satgas Covid-19 untuk Kota Malang. (ws1)

Masih menurut Kadinkes, Posko PPKM Mikro Kota Malang sudah berjalan di masing-masing RT sejumlah 4.273. Sudah ada pos PPKM Mikro sehingga menjadi catatan tersendiri bagi satgas sebagai best marking.

Hal tersebut dinilai bukan hanya pada berita dan data, tapi sudah terlaksana. Salah satunya dilaksanakan lomba Pos PPKM Mikro di tingkat kelurahan, kecamatan hingga masing-masing kecamatan mendelegasikan wakilnya.

Baca juga:   Jelang Lebaran, Dishub Tindak Pelanggaran Parkir di Beberapa Titik

“Kita sudah tahu pemenangnya kemarin di hasil Posko PPKM Mikro. Itu yang menjadi catatan satgas daripada Covid-19. Adanya realita yang sudah jalan di Kota Malang terkait PPKM Mikro,” ungkapnya.

Pria yang juga menjadi Jubir Satgas Kota Malang tersebut menambahkan, mendapat apresiasi dari Satgas Pusat, hingga menyebut sebagai base practice untuk disampaikan ke Jakarta. Belum lagi, positive rate di Kota Malang diatas nasional

“Positive rate itu rasio dari pemeriksaan. Jumlah pemeriksaan berapa, yang positif berapa, kita masih diatas nasional. Kalau diatas nasional 5 persen, kita diatas lima,” pungkasnya. (ws1/rhd)


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *