Konsolidasi PAN se-Malang Raya, Zulhas Minta Kadernya ‘Sat-Set’

Batu, SERU.co.id – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Dr (HC) H Zulkifli Hasan, SE MM, dalam rangkaian lawatannya ke Jawa Timur, juga mendatangi Kota Batu. Menutup kegiatan roadshownya di Malang Raya, digelar konsolidasi kader PAN se-Malang Raya, di Hotel Senyum, Jatim Park 3, Kota Batu, Sabtu (19/3/2022) malam.

Acara dengan tema ‘Zulhas Sat Set Nang Jawa Timur’ itu, membawa misi menjadikan Jatim sebagai basis PAN. Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan, Wakil Rakyat atau Legislatif akan menentukan arah peradaban bangsa yang akan datang. Sementara, profesi politikus adalah profesi yang mulia dan menentukan arah sejarah.

“Oleh karena itu, saya minta saudara-saudara kader PAN, tidak hanya puas menjadi anggota DPRD kota dan kabupaten saja,” seru Zulhas, panggilan akrab Zulkifli Hasan.

Ketua Umum DPP PAN Dr (HC). Zulkifli Hasan, SE, MM. (ws3) - Konsolidasi PAN se-Malang Raya, Zulhas Minta Kadernya 'Sat-Set'
Ketua Umum DPP PAN Dr (HC). Zulkifli Hasan, SE, MM. (ws3)

Orang nomor satu di partai berlambang matahari terbit itu menjelaskan, pentingnya keberadaan wakil partainya di kabupaten,  provinsi dan pusat. Apabila tidak ada, maka nilai-nilai yang diyakini kader PAN tidak bisa berjalan. Semakin banyak wakil, akan semakin mampu menentukan kebijakan.

“Yang banyak punya wakil yang akan menang. Saya minta semua bekerja, berjuang sungguh-sungguh. Profesi ini tidak kalah mulia dengan yang lain-lain,” ungkapnya.

Zulhas mencontohkan, bukti nyata adanya perubahan peradaban bangsa dengan adanya kekuatan politik. Mulai jaman kerajaan kesultanan Islam, hingga menjadi sebuah republik saat ini. Tempat-tempat sisa kejayaan masa kesultanan, hingga saat ini masih dikunjungi sebagai bukti sejarah.

“Yang dulu menjadi pusat peradaban, pusat pendidikan, sekarang hanya menjadi tempat ziarah,” cetusnya.

Wakil Ketua MPR itu juga meminta seluruh kadernya memaknai arti logo partai. Disebutkan, logo PAN yang berbentuk gambar matahari bersinar, memiliki filosofi matahari tidak membeda-bedakan orang. Siapa saja, bisa mendapatkan cahaya kasih sayang kehidupan.

“Itulah PAN. Tidak berjuang untuk PAN saja, tapi berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia, untuk kemanusiaan dan untuk nilai-nilai yang kita yakini,” tegas Zulhas, yang langsung disambut riuh tepuk tangan.

Menyikapi perpolitikan saat ini, penerima gelas Doktor Honoris Causa bidang Manajemen Sumber Daya Manusia ini pun, meminta kader PAN untuk tetap rendah hati. Ia juga meminta agar kadernya tidak mudah memvonis orang. Pasalnya, tujuan dari PAN adalah kedaulatan di segala bidang, yang akan memberikan keadilan dan kesejahteraan bangsa.

“Tujuan PAN sejalan dengan tujuan pendiri-pendiri bangsa kita terdahulu, yaitu menuju kedaulatan. Cita-cita kita adalah keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.,” tegasnya lagi.

Kepada seluruh kader, Zulhas berpesan, agar meningkatkan kinerja politiknya. Salah satunya dengan mengunjungi berbagai tokoh, komunitas dan kelompok masyarakat lainnya. Ini bertujuan agar nantinya masyarakat lebih mempercayakan keterwakilannya melalui PAN.

“Kesuksesan itu ditentukan oleh kerja-kerja politik. Karena sekarang ini, One Man One Vote. Legislatif dan eksekutif yang akan menentukan arah, nilai value yang kita yakini hari ini, dan masa yang akan datang,” tuturnya.

Menutup sambutannya dalam konsolidasi tersebut, mantan Sekjen PAN itu juga menegaskan sikap partainya terhadap dinamika politik saat ini. PAN akan konsisten berada di jalan tengah. Ini dilakukan, agar PAN tetap bisa fokus, stabil dan menjaga kebersamaan.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Batu H Rudy mengaku, kedatangan Ketua Umum PAN itu telah memberikan semangat kader PAN di Kota Batu. Iapun mengaku tidak ingin kalah cepat dari Ketua Umumnya. Pengusaha pertanian itu juga mengapresiasi gerak cepat dan gerak masif Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dengan program ‘Sat set Nang Jawa Timur’.

“Kita tidak boleh kalah sat-set, kita harus lebih dari Ketum PAN, kita harus lebih baik tahun depan,” ungkapnya.

Ketua DPD PAN Batu, H. Rudy. (ws3) - Konsolidasi PAN se-Malang Raya, Zulhas Minta Kadernya 'Sat-Set'
Ketua DPD PAN Batu, H. Rudy. (ws3)

Saat ditanya tentang kesiapan DPD PAN Kota Batu dalam menyongsong Pemilihan Umum 2024 H, Rudy menyatakan partainya sangat siap. Hal itu ditunjukkan adanya pendaftaran dini calon legislatif dari DPD PAN Batu yang baru saja dibuka. Beberapa nama juga sudah menyatakan diri untuk siap ‘bertempur’ dalam ajang Pemilu 2004.

“Pileg nanti, DPD PAN Batu akan dimeriahkan dengan hadirnya kader-kader muda. Yang senior, insyaAllah ada yang akan maju juga ke Provinsi,” pungkasnya.

Acara Konsolidasi Kader PAN se-Malang Raya, turut dihadiri sejumlah pengurus pusat dan wilayah. Tampak juga hadir Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar SE, Wakil Bupati (Wabup) Blitar, Rahmat Santoso dan Wabup Malang Drs H Didik Gatot Subroto, SH MH. Serta sejumlah artis yang terjun ke dunia politik, seperti Desy Ratnasari, Adelia Pasha dan Elly Sugigi. (ws3/rhd)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!