Kodim 0833 Gelontorkan 10.000 Dosis Kedua Vaksin Sinovac di UM

Malang, SERU.co.id – Kodim 0833 Kota Malang menggelontorkan 10.000 dosis kedua vaksin Sinovac di Universitas Negeri Malang (UM), selama 2 (dua) hari, Jumat-Sabtu (13-14/8/2021). Sebagai kelanjutan Serbuan Vaksinasi dosis pertama pada Sabtu-Minggu (17-18/7/2021) lalu bagi masyarakat Kota Malang.

Sebelumnya Kodim 0833 membagi kuota 50:50 selama dua hari, mengingat hari Jumat, animo warga pada hari pertama hanya 2.600 dosis vaksin Sinovac yang tersalurkan. Sementara di hari kedua, dibagikan 7.400 dosis vaksin. Pembagian dilakukan dua sesi, yakni jam 8.00-12.00 dan 13.00-17.00.

“Serbuan Vaksinasi kali ini vaksin Sinovac dosis kedua, selama dua hari. Karena sudah 1 bulan waktunya. Kalau kemarin hanya 2.600, mungkin karena hari Jumat, jadi animonya kurang,” seru Dandeskesyah Malang Korem 083/Bdj, Letkol CKM dr Maksum Pandelima, SpOT, kepada SERU.co.id.

Skrining Serbuan Vaksinasi di UM. (rhd) - Kodim 0833 Gelontorkan 10.000 Dosis Kedua Vaksin Sinovac di UM
Skrining Serbuan Vaksinasi di UM. (rhd)

Sebagai informasi, dalam Serbuan Vaksinasi dosis pertama, hari pertama digelontorkan 10.000 dosis vaksin Sinovac, dan hari kedua digelontorkan 6.300 dosis vaksin AstraZeneca. Melebihi dari target 15.000 dosis vaksin.

Namun dalam pelaksanaan Serbuan Vaksinasi kali ini dikhususkan hanya penerima vaksin Sinovac. Sedangkan penerima vaksin AstraZeneca akan dijadwalkan 2 bulan mendatang.

“Pickernya belum terbuka untuk vaksin AstraZeneca, kan jaraknya 3 bulan, jadi masih menunggu 2 bulan lagi. InsyaAllah nanti disini lagi di UM,” imbuh dr Maksum.

Dandeskesyah Malang Korem 083/Bdj, Letkol CKM dr Maksum Pandelima, SpOT. (rhd) - Kodim 0833 Gelontorkan 10.000 Dosis Kedua Vaksin Sinovac di UM
Dandeskesyah Malang Korem 083/Bdj, Letkol CKM dr Maksum Pandelima, SpOT. (rhd)

Vaksin yang didatangkan berasal dari Kesdam V/Brawijaya, dengan 22 tim tenaga vaksinator dari berbagai instansi kesehatan. Di antaranya Kesdam V/Brw, Denkesyah Malang, RST dr Soepraoen, Yonkes II, Pusdik Arhanud, Rumkitban Lawang, Rumkitban Bhirawa Bhakti, dan lainnya.

Jika sebelumnya pelaksanaan vaksinasi digelar di tiga titik di lingkungan UM, yakni Graha Cakrawala UM, Gedung Sasana Krida UM dan Lapangan Tenis Indoor UM. Kali ini hanya terpusat di Graha Cakrawala UM.

“Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua ini relatif lebih kondusif. Karena yang datang sudah terdata di database vaksinasi dosis pertama. Jadi tidak ada pendaftaran on the spot, karena semuanya sudah terdata lebih dulu,” ungkap Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona.

Dandim 0833 juga berpesan, meski sudah menerima vaksin, diharapkan masyarakat tidak boleh abai terhadap protokol kesehatan. Pasalnya, vaksinasi adalah upaya untuk mengurangi resiko covid-19, tidak menjamin bebas tertular covid-19 jika abai prokes.

Salah satu penerima vaksin, Andre, warga Polehan menyatakan, dirinya memilih vaksin hari ini lantaran hari Jumat dinilai lebih pendek. Khawatir saat memasuki waktu sholat Jumat masih antri. Selain itu, hari Sabtu lebih santai karena dirinya libur kerja.

“Dari jadwal di Klinik Jalan Rampal memang ada dua jadwal yang dialihkan ke sini. Seharusnya saya Jumat kemarin, karena tidak bisa dan hari pendek, saya memilih hari ini. Ga lama, cuma satu jam dari antri sampai selesai,” tandas Andre. (rhd)


Baca juga: