Kodim 0833 dan Kodim 0818 Ajak Wartawan Perangi Hoaks

Malang, SERU.co.id – Di hari ketiga, Pengurus PWI Malang Raya periode 2021-2024 kembali silaturahmi maraton memperkenalkan diri ke sejumlah pimpinan Forkopimda di Malang Raya, Rabu (13/1/2021). Mengingat masa pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka silaturahmi digelar secara virtual (daring), dari Hall RM Ocean Garden, Jalan Trunojoyo, Kota Malang.

Dalam kesempatan itu, Komandan Kodim (Dandim) 0833/Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona, mengajak wartawan yang bernaung di bawah organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya agar menghasilkan karya jurnalistik yang akurat dan bertanggung jawab serta menyejukkan.

“Media memiliki kekuatan yang cukup dahsyat dalam mempengaruhi opini publik, media juga sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Disamping sebagai hiburan dan ilmu pengetahuan lainnya,” ungkap Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona.

Menurut Ferdian, saling bersinergi antara TNI AD dan wartawan diharapkan dapat menangkal adanya penyebaran berita bohong/berita palsu atau berita hoaks yang dapat memecah belah persatuan, khususnya Malang Raya. Pun sinergi dengan para jurnalis sangat penting dalam hal publikasi ke masyarakat

“Sebesar apapun kegiatan, tanpa media pasti tidak akan diketahui publik. Namun, publik juga merespon positif apabila berita-berita yang disajikan sebuah media itu mengandung kebenaran. Sebagai mitra, TNI siap bersama media,” jelasnya.

Kasdim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu dan jajarannya. (rhd) - Kodim 0833 dan Kodim 0818 Ajak Wartawan Perangi Hoaks
Kasdim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu dan jajarannya. (rhd)

Peran wartawan sebagai pilar ke empat demokrasi dituntut dapat menyajikan sebuah pemberitaan yang faktual (bukan hoaks) dengan tetap memenuhi rambu-rambu pers serta kode etik yang ada.

“Saat ini sedang pandemi Covid-19. TNI juga mendapatkan tugas untuk mengamankan kebijakan protokol kesehatan. Kami lihat masyarakat masih belum taat dengan protokol Covid-19. Jadi, mohon bagi informasi yang dapat mendorong masyarakat taat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkas Ferdian.

Baca juga:   Asisten I Sekda Ingatkan Warga, Covid-19 Tidak Pilih-pilih

Sementara itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu, Mayor Arh. Joko Istianto, didampingi oleh Pasi Intel Kodim 0818, Kapten Arh. Kacung, mengingatkan pentingnya loyalitas anggota dalam berorganisasi.

“Loyalitas anggota dalam berorganisasi itu perlu, untuk meningkatkan kinerja organisasi. Di militer juga sama loyalitas anggota TNI diperlukan dalam bertugas,” ungkap Joko, saat mewakili Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf Yusub Dody Sandra.

Menurut Joko, Jajaran Kodim 0818 dibawah komando, Letkol Inf Yusub Dody Sandra ingin menjalin sinergi yang baik dengan media maupun wartawan, karena peranan media sangat penting untuk menyampaikan prestasi dan pencapaian yang diraih anggota Kodim 0818.

“Seperti yang disampaikan oleh Dandim beberapa waktu lalu dalam acara coffe morning. Tanpa insan pers maupun insan media, masyarakat akan sulit menerima berita-berita, informasi dan apa yang telah diperbuat atau dilaksanakan oleh Kodim 0818,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Joko, media dan pers sangat membantu tugas dari Kodim 0818 untuk melakukan berbagai kegiatan penting.

“Karena dari medialah yang bisa membantu dan memiliki peranan penting dalam penulisan berita yang bersifat membangun,” tegasnya. (rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *