Ketua Lesbumi PBNU KH Agus Sunyoto Wafat

Surabaya, SERU.co.id – Ketua Lembaga Seninam dan Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) PBNU KH Agus Sunyoto berpulang, Selasa (27/4/2021) sekitar pukul 07.25 WIB di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Ramelan Surabaya. Kabar duka ini dikonfirmasi oleh akun resmi Nahdlatul Ulama.

“Berduka yang mendalam berpulangnya Agus Sunyoto, Ketua Lesbumi PBNU. Semoga seluruh amal baik almarhum diterima Allah Swt, seluruh khilaf diampuni oleh Nya dan memperoleh tempat yang terbaik di sisi-Nya. Al Fatihah,” tulis akun @nahdlatululama.

Anak sulung Agus, Zulfikar menceritakan sang ayah meninggal lantaran sakit panas dan penyakit lambung. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di TPU Bubutan Surabaya.

Agus Sunyoto berpulang dalam usia 61 tahun. Semasa hidupnya, ia aktif menerbitkan banyak tulisan seperti buku sejarah dan karya fiksi. Salah satu yang paling fenomenal adalah buku Atlas Wali Songo yang mengisahkan tentang penyebaran agama Islam di Nusantara.

Karya lainnya yang pernah dibuat mendiang adalah Resolusi Jihad, Banser Berjihad Melawan PKI, Sunan Ampel: Taktik dan Strategi Dakwah Islam di Jawa, dan Suluk Abdul Jalil: Perjalanan. Selain itu, karya fiksinya diantaranya adalah Anak-Anak Tuhan (1985), Orang-Orang Bawah Tanah (1985), Ki Ageng Badar Wonosobo (1986), Khatra (1987), Hizbul Khofi (1987), dan Khatraat (1987). (hma/rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *