Kenalkan Kampus Kepada Maba, UB Gelar PKKMB Online 2021

Malang, SERU.co.id – Menyambut mahasiswa baru (maba) Abhiyaksa 59, Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa  Baru (PKKMB). Sejak awal pandemi 2020, PKKMB kali kedua dilaksanakan secara daring hingga tahun 2021 ini. Pasalnya PKKMB Online 2021, masih suasana pandemi.

PKKMB yang diikuti 15.563 maba jenjang S1 dan Diploma ini, dibuka oleh Rektor UB, Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR, MS, Selasa (17/8/2021). Hadir pula jajaran pimpinan universitas, fakultas dan lembaga. Serta Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim yang memberikan sambutan secara online.

“Kegiatan PKKMB ini diadakan untuk mengenalkan kehidupan kampus sebelum mahasiswa baru menjalani perkuliahan. Karena masih pandemi, maka digelar secara online,” seru Prof Nuhfil, sapaan akrab Rektor UB.

Disebutkannya, maba dibagi ke dalam 64 klaster, masing-masing klaster diisi maksimum 250 mahasiswa. Operator yang menangani sebanyak 80 orang, dengan rincian 64 orang menggunakan google classroom, dan 16 lainnya menggunakan zoom. Semua panitia yang terlibat wajib mengikuti swab antigen untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat dan tidak reaktif Covid-19.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim juga memberikan sambutan secara online. (ist) - Kenalkan Kampus Kepada Maba, UB Gelar PKKMB Online 2021
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim juga memberikan sambutan secara online. (ist)

PKKMB daring ini dilaksanakan mulai 17 sampai 22 Agustus 2021. Rangkaian PKKMB Online 2021, yang wajib diikuti, di antaranya:
1. Gladi Bersih: 16/8/2021.
2. Penerimaan Maba: 17/8/ 2021.
3. PKKMB Universitas: 18-19/8/2021.
4. PKKMB Fakultas: 20-22/8/2021.

Rangkaian PKKMB Online ini dapat diikuti melalui live streaming pada youtube Universitas Brawijaya dan UBTV yang diintegrasikan dengan platform zoom meeting dan google classroom. Dengan berbagai materi yang disampaikan oleh pakar dari internal UB. Selain itu PKKMB juga dimeriahkan oleh penampilan UKM UNITANTRI.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Abdul Hakim menjelaskan, pada PKKMB tahun ini, UB menghadirkan 4 penceramah dari nasional. Di antaranya Kementerian Pertahanan yang menyampaikan materi bela negara, Kemenkominfo tentang bijak dalam penggunaan media sosial, BNPT tentang Terorisme dan Radikalisma, dan BNN Pusat tentang Penyalahgunaan Narkotika.

“Keempat penceramah tersebut akan memberikan materi secara daring pula,” tutur Prof Hakim, sapaan akrabnya. (rhd)


Baca juga: