Kejutan Awal Tahun Ajaran Baru, MTsN 1 Kota Malang Raih 14 Prestasi Bergengsi

7 Internasional, 4 Nasional, dan 3 Kota

Malang, SERU.co.id – Kejutan awal tahun ajaran baru kembali disuguhkan oleh MTsN 1 Kota Malang (Matsanewa) dalam bidang prestasi. Padahal pembelajaran tahun ajaran baru di masa pandemi ini baru saja dimulai, meski secara daring.

Kali ini, MTsN 1 Kota Malang mempersembahkan 14 prestasi bergengsi di awal tahun ajaran 2021/2022. Di antaranya 3 prestasi tingkat Kota/Malang Raya, 4 prestasi tingkat Nasional dan 7 prestasi tingkat Internasional. Awalan yang baik sebagai motivasi para siswa dan guru, untuk meraih prestasi lebih baik lagi di berbagai bidang pada tahun ajaran saat ini.

“Alhamdulillah, meski baru dua pekan tahun ajaran 2021/2022 berjalan, tentunya capaian ini sangat luar biasa di masa pandemi covid-19. Baik prestasi yang dicapai oleh siswa maupun guru, mulai tingkat lokal Malang hingga Internasional,” seru Kepala MTsN 1 Malang, Drs Samsudin MPd, kepada SERU.co.id, di ruang kerjanya.

Capaian ini tak lepas dari peran sinergi bersama antara siswa, guru dan orang tua, dalam pembinaan secara maksimal bagi siswa yang berkompetisi. Dari pengalaman sebelumnya, terus dilakukan evaluasi perbaikan, penyempurnaan dan pengembangan, agar prestasi berikutnya lebih baik lagi.

“Selain pembelajaran e-learning madrasah dan pertemuan daring mulai pukul 06.40 hingga 10.00. Kami juga memberikan pendampingan dan pembinaan di waktu khusus bagi siswa yang berkompetisi,” imbuh Pak Sam, sapaan akrab Kepala MTsN 1 Kota Malang ketujuh ini, terhitung sejak berdiri tahun 1987.

Prestasi Internasional siswa MTsN 1 Kota Malang. (ist) - Kejutan Awal Tahun Ajaran Baru, MTsN 1 Kota Malang Raih 14 Prestasi Bergengsi - 7 Internasional, 4 Nasional, dan 3 Kota
Prestasi Internasional siswa MTsN 1 Kota Malang. (ist)

Tercatat 7 (tujuh) prestasi tingkat Internasional. Di antaranya 3 (tiga) penghargaan dalam Final Gua Xia Cuo (HCX) 2021, meraih 2nd World Rank dan Gold Medals oleh Nurisna Anar MR, serta Gold Medals oleh Javier Fawwaz H; 2 (dua) penghargaan dalam Lomba InIIC di Malaysia, meraih Juara Umum Kategori Siswa (Diamond Award) dan Medali Emas secara tim; 1 (satu) penghargaan dalam World Invention Creativity Olympic – Korea, meraih Gold Medals secara tim; dan 1 (satu) penghargaan dalam Hong Kong International Science Olympiad, meraih Second Prize Award oleh Ahmad Ayman Al Ghifaru.

Sementara 4 (empat) prestasi tingkat Nasional diraih oleh siswa dan guru MTsN 1 Kota Malang. Di antaranya 1 (satu) penghargaan dalam Indonesian Olympiad of Science (IOS) 2021, meraih Medali Perunggu oleh Avicenna Ulilvidya Basri; 1 (satu) penghargaan dalam Pateron Olympiad Competition (POC) 3 tahun 2021, meraih Juara 3 oleh Neisya Ardhia Putri; serta 2 (dua) penghargaan guru sebagai Instruktur Nasional, yakni Zulkifli, SSos, SPd, MPd (Fasilitator Daerah Bidang MTs – Bahasa Indonesia) dan Nofita Puspitasari, MPd (Fasilitator Daerah Bidang MA – Bimbingan Konseling).

Prestasi Nasional siswa dan guru MTsN 1 Kota Malang. (ist) - Kejutan Awal Tahun Ajaran Baru, MTsN 1 Kota Malang Raih 14 Prestasi Bergengsi - 7 Internasional, 4 Nasional, dan 3 Kota
Prestasi Nasional siswa dan guru MTsN 1 Kota Malang. (ist)

Sedangkan 3 (tiga) prestasi tingkat Kota/Malang Raya. Di antaranya 3 (tiga) penghargaan dalam Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) tingkat Kota Malang, meraih Medali Emas bidang Teknik, Medali Emas bidang IPA, dan Harapan 2 bidang IPS, secara tim.

Prestasi lokal Malang siswa MTsN 1 Kota Malang. (ist) - Kejutan Awal Tahun Ajaran Baru, MTsN 1 Kota Malang Raih 14 Prestasi Bergengsi - 7 Internasional, 4 Nasional, dan 3 Kota
Prestasi lokal Malang siswa MTsN 1 Kota Malang. (ist)

Sebelumnya, MTsN 1 Kota Malang sukses mencatatkan 308 prestasi sepanjang tahun ajaran 2020/2021. Di antaranya 34 prestasi tingkat Kota Malang, 21 prestasi tingkat Provinsi Jawa Timur, 176 prestasi tingkat nasional, dan 77 prestasi tingkat internasional.

Disebutkannya, dua prestasi guru terbaru ini merupakan awalan yang baik, untuk lebih baik lagi dari tahun ajaran sebelumnya. Dimana sebelumnya, ada delapan guru berprestasi yang dimiliki MTsN 1 Kota Malang.

“Saat ini kami sedang persiapan untuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 dan Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) 2021. Semoga masih tetap langganan juara dengan prestasi lebih baik lagi,” harap Samsudin.

Menurutnya, dengan kompetisi yang ada, mampu melatih dan memotivasi siswa agar lebih giat belajar. Selain mengalahkan egoisme diri dan bersaing dengan orang lain, juga membangun kepedulian terhadap kepentingan tim, nama sekolah, bangsa dan negara.

“Tentunya prestasi yang sangat membanggakan tersebut, bisa menjadi motivasi bagi para siswa. Untuk meraih prestasi lebih baik lagi di berbagai bidang pada tahun ajaran saat ini,” tandas pria asal Pasuruan ini. (rhd)


Baca juga: