Kebijakan Boleh Lepas Masker, Wali Kota Batu Segera Keluarkan Surat Edaran

Batu, SERU.co.id – Adanya kebijakan boleh tidak menggunakan masker dalam tempat umum, menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi masyarakat. Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyatakan akan segera mengeluarkan surat edaran (SE) untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat tersebut.

Menurut Dewanti Rumpoko, kebijakan tersebut sudah bisa diterapkan langsung di masyarakat. Warga sudah tampak mulai menanggalkan masker di tempat umum.

“Pasti sekarang tindak lanjut dalam bentuk SE Wali Kota, sedang dibuat. Jika redaksi sudah turun, otomatis saya tanda tangani hari ini,” serunya.

Bagi orang nomor satu di Pemkot Batu itu, keputusan Presiden Jokowi harus ditelaah dan diingat lagi. Warga harus melihat kondisi sekelilingnya terlebih dahulu sebelum membuka maskernya.
Lantaran, kebijakan itu tetap mengacu pada kondisi di sekeliling.

“Boleh memakai masker di situasi tempat yang terbuka. Lalu bukan menjadi tempat kerumunan orang banyak,” tegas Dewanti

BuDe, sapaan akrabnya tetap meminta, masyarakat yang merasa dirinya tidak sehat, disarankan tetap bermasker. Tentang sosialisasi kepada masyarakat perihal kebijakan terbaru ini, Pemkot dirasa tidak perlu mensiarkan ulang. Sebab pengumuman Presiden melalui media itu, sudah bisa ditangkap langsung oleh semua lapisan masyarakat.

Kondisi inipun sudah menjadi penanda bahwa Pandemi Covid-19 sudah bergeser status menjadi endemi. Kebijakan Presiden ini juga menandakan bahwa Indonesia sudah mencapai herd immunity terhadap Covid-19. Meskipun demikian, Pemkot masih terus mendorong masyarakat yang belum menuntaskan vaksin Boosternya, supaya kekebalan kelompok semakin terbentuk.

“Status pandemi yang berubah menjadi endemi sudah bisa menjadi kunci penerapan,” seru Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Terkait kasus positif Covid-19, saat ini angka kasus aktif ada di angka 0. Data tersebut disampaikan oleh Jubir Satgas Covid-19 Kota Batu Onny Ardianto. Nihilnya angka positif sudah terjadi sejak tanggal 10 Mei lalu.

“Dengan melihat data sejak tanggal 10 Mei kota Batu sudah 0 kasus positif Covid,” pungkasnya. (dik/ono)


Baca juga: