Kampung Strawberry Masuk Anugerah Wisata Jatim 2019

Bagian 3 Destinasi Wisata Andalan Kota Batu

Batu, SERU.co.id – Kampung Strawberry yang terletak di Desa Pandanrejo, menjadi andalan dari tiga destinasi wisata yang diikutkan dalam Anugerah Wisata Jawa Timur (Jatim) 2019 oleh Dinas Pariwisata Kota Batu. Ketiga destinasi wisata itu diantaranya, Desa Wisata Pandanrejo, Desa Wisata Tulung Rejo, dan Taman Rekreasi Selecta.

“Pemilihan tiga destinasi wisata itu, bukan tanpa alasan. Karena, melihat potensi wisata yang dimiliki. Untuk itu, tahun ini kita ikutkan tiga destinasi wisata itu dalam Anugerah Wisata Jatim 2019,” ungkap Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono, Senin (29/7/2019) siang.

Khusus Kampung Strawbery atau petik strawberry, menurut dia, wisatawan yang berkunjung bisa mengetahui proses penanamanya. Artinya, tempat wisata ini menjadi wisata edukasi sebagaimana dikembangkan dalam Bumdes selama ini. Selain itu, di Desa Wisata Pandanrejo, juga disediakan paket wisata lainnya, seperti rafting, Coban Lanang, serta Taman Dolanan. “Khusus untuk kampung strawberi atau petik strawberry, wisatawan bisa menikmati wisata edukasi. Mulai dari proses penanaman, panen, dan juga pengolahan produk,” ujar dia.

Kampung Strawberry 2 1 1
Kampung Strawberi di Desa Wisata Pandanrejo. (put)

Kemudian untuk Desa Wisata Tulung Rejo, kembali dijelaskan olehnya, sudah diketahui ada petik apel berserta dengan hasil produk jadi berupa keripik apel atau UMKM. Serta wisata religi Pura Giri Arjuno. Selanjutnya, Taman Rekreasi Selecta yang tak hanya menawarkan taman bunga, pemandian dan beberapa wahana permainannya. Tapi taman rekreasi yang sahamnya dimiliki oleh 1.110 nasabah, dengan bangunan yang memiliki nilai sejarah. “Untuk Taman Rekreasi Selecta ini menjadi daerah cagar budaya. Salah satu contohnya adalah peninggalan sejarah Hotel Bima Shakti di Selecta yang menjadi tempat Presiden Soekarno mengambil keputusan penting dalam perjuangan bangsa Indonesia,” urainya.

Oleh sebab itu, Imam menegaskan, beragam potensi mampu disuguhkan oleh masyarakat di tiga destinasi tersebut. Sehingga layak menjadikan tiga tempat tersebut untuk bersaing dengan tempat wisata di daerah lain, selain potensi alam yang mampu digali dan didukung oleh faktor sumber daya manusia yang kreatif. Dengan begitu, akan mampu menarik wisatawan berkunjung ke daerah wisata, sekaligus secara otomatis juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat. (put/rhd)