Jokowi Sebut Pandemi Makin Kuatkan Indonesia

Jakarta, SERU.co.id – Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI 2021, Senin (16/8/2021) di Gedung Nusantara. Di hadapan para anggota MPR dan undangan yang hadir, kepala negara menyatakan, kondisi dunia yang sedang dilanda pandemi covid-19, membuat semua pilar makin diuji. Namun, kondisi ini juga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk memperbaiki diri dan semakin kuat.

“Tatkala ujian itu terasa semakin berat, asahannya juga semakin meningkat. Itulah proses menjadi bangsa yang tahan banting, yang kokoh, dan yang mampu memenangkan gelombang pertandingan,” seru Jokowi.

Indonesia telah melewati etape ujian yang berat sejak kemerdekaan 76 tahun lalu. Kendati demikian, Jokowi mempercayai ujian yang datang akan semakin memperkokoh Indonesia dari berbagai segi kehidupan. Pandemi covid-19 memaksa Indonesia untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru dan meninggalkan kebiasaan lama yang sudah tidak relevan.

“Kita dipaksa untuk membangun normalitas baru dan melakukan hal-hal yang dianggap tabu selama ini. Memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan tidak membuat keramaian, adalah kebiasaan baru yang dulu dianggap tabu,” ujarnya.

Presiden mengakui, dalam penanganan covid-19, banyak masukan yang diterima pemerintah. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah aktif berpartisipasi dan terus membangung budaya demokrasi.

“Kritik yang membangun itu sangat penting dan selalu kita jawab dengan pemenuhan tanggung jawab, sebagaimana yang diharapkan rakyat. Terima kasih untuk seluruh anak bangsa yang telah menjadi bagian dari warga negara yang aktif, dan terus ikut membangun budaya demokrasi,” kata presiden.

Selain itu, kepala negara juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpegang teguh pada nilai-nilai toleransi, Bhinneka Tunggal Ika, gotong-royong, dan Pancasila. Ia mendorong seluruh elemen untuk melewati pandemi dan ujian lainnya yang akan dihadapi Indonesia dengan usaha yang teguh dan doa pengharapan yang tulus.

“Dengan budaya yang selalu saling peduli dan saling berbagi, masalah yang berat ini bisa lebih mudah terselesaikan,” pungkasnya.

Sidang Tahunan MPR tahun 2021 diselenggarakan di Gedung Nusantara, Senin 16 Agustus 2021. Sidang digelar dengan dua cara, online dan offline. (hma/rhd)


Baca juga: