Jawa Timur Raih Medali Perunggu Sepak Bola di PON XX Papua

Papua, SERU.co.id – Tim sepak bola putra Provinsi Jawa Timur berhasil meraih medali perunggu, Kamis (14/10/2021). Pertandingan yang digelar di Stadion Barnabas Youwe, Papua, mempertemukan Jawa Timur dan Kalimantan Timur yang saling ngotot meraih medali perunggu.

Saling balas serangan terus terjadi sejak menit awal. Namun, kedua tim berhasil rapatkan pertahanan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Kaltim lebih dulu mencuri poin dengan gol Rian Khaidir pada menit ke-60. Tertinggal poin, Jatim bangkit dan terus mencoba menyamakan kedudukan dengan serangan yang masif. Jatim berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-76 lewat Muhammad Faisol Yunus dengan tendangan bola datar dari luar kotak penalti.

Selang tiga menit, Jatim merobek gawang Kaltim dengan sepakan melengkung Dwiki Mardiyanto. Jatim unggul sementara 2-1. Tak berlangsung lama, pemain Kaltim menyamakan kedudukan pada menit ke-85 lewat tendangan penalti.

Permainan dilanjutkan ke tambahan waktu 2×15 menit karena skor yang imbang. Jatim mendominasi permainan di babak ini. Muhammad Faisol Yunus menjadi pahlawan Jatim dengan menambahkan poin menjadi 3-2 sekaligus membuat Jatim menang atas Kaltim.

Dengan hasil ini, medali cabang olahraga jatuh kepada Papua untuk medali emas, Aceh untuk perak, dan Jawa Timur dengan perunggu. Sementara ini, Jawa Timur menduduki posisi kedua untuk klasemen perolehan medali dengan 106 emas, 86 perak, dan 78 perunggu. (hma/rhd)


Baca juga: