Jalin MoU, Perencanaan Pembangunan Kota Batu Gandeng ITN

Batu, SERU.co.id – Upaya pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu membutuhkan peran akademisi sebagai pendamping agar mampu bekerja lebih efisien dan cepat. Untuk itu, Pemkot Batu melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, di gedung A lantai 5 Balaikota Among Tani, Kota Batu, Senin (29/7/2019).

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan, kegiatan MoU dengan ITN ini sangat berperan membantu pihak Pemkot Batu dalam melakukan tugasnya dalam pembangunan. “Adanya MoU dengan ITN ini memiliki peran penting untuk membantu Pemkot Batu, supaya dalam melakukan tugasnya lebih efisien dan cepat,” kata Dewanti, Senin (29/7/2019).

Pemkot Batu Gandeng ITN 1 1
Pemberian kenang-kenangan Walikota Batu, Dewanti Rumpoko kepada Rektor ITN Malang, Dr Ir Kustamar, MT. (put)

Pendampingan oleh akademisi atas tugas Pemkot Batu tersebut, tambah Dewanti, terutama dari proyek-proyek pembangunan. Sehingga, adanya pendampingan akademisi, maka pada saat diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, apakah sudah sesuai atau belum sebagai bahan untuk diajukan. Selain itu, apabila ada kendala di tengah jalan bisa dievaluasi bersama-sama

“Disinilah, ketika ada pendampingan oleh akademisi yang paham dan mengerti dibidangnya. Kalau ada kendala atau kekurangan bisa diselesaikan dengan baik. Diharapkan, dengan adanya kerjasama ini berdampak positif, bukan hanya Pemkot Batu dan ITN tetapi seluruh masyarakat Kota Batu,” ujar Bude, sapaan akrab istri Edy Rumpoko ini.

Sementara itu, Rektor ITN Malang, Dr Ir Kustamar, MT mengungkapkan, adanya sinergi antara ITN dengan Pemkot Batu cukup positif. Meski bagi institut yang dipimpinya sebenarnya sudah banyak kegiatan. Namun, peningkatan kinerja dalam penilaian perlu adanya payung hukum, yaitu dengan MoU. “ITN sangat berterima kasih diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan Pemkot Batu. Harapannya semakin meningkatkan kinerja dan kegiatan yang berkualitas, sehingga aman,” tandas mantan Wakil Rektor I ITN periode sebelumnya.Selain Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko dan Rektor ITN Malang Dr Ir Kustamar, MT, turut hadir dalam penandatangan MoU tersebut, di antaranya Wakil Rektor I ITN Malang Dr F Yudi Limpraptono, ST,MT, Kepala LP2K ITN Naingolan, LBD ITN Ir Agus Santoso, Kepala Humas ITN Masrurotul Azizah, Kepala Sekretariat Rektor ITN Alfiah, Sekda Batu Drs Zadim Effisiensi, beserta Asisten dan Kepala OPD dilingkungan Pemkot Batu. (put/rhd)