Inovasi Percepatan Vaksinasi, PMI Jember-Pemdes Jubung Vaksin di Rumah Warga Jubung

Jember, SERU.co.id – Upaya pencapaian target vaksinasi mencapai 70 persen pada akhir tahun terus dilakukan semua pemangku kebijakan di Kabupaten Jember. Pasalnya, hingga saat ini target capaian tersebut masih jauh dari harapan. Dimana capaian vaksinasi hingga saat ini masih dibawah 50 persen.

Merespon hal itu, PMI bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Jubung melakukan jemput bola vaksinasi di rumah-rumah warga. Seperti digelar di Dusun Jubung Lor, Desa Jubung Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Kamis (14/10/2021).

“Ini memang upaya kita untuk mendekatkan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dimana saat kegiatan vaksin beberapa waktu lalu digelar di balai desa, jumlah warga dari Dusun Jubung Lor tidak begitu banyak. Makanya kita buat vaksinasi digelar di rumah warga, dan hasilnya cukup memuaskan,” seru Kepala Desa Jubung, Bhisma Pradana.

Bhisma menjelaskan, vaksinasi yang digelar ini merupakan kerjasama antara Pemdes Jubung dengan PMI Jember dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember.

“Dulu kita pernah minta 1.000 dosis untuk vaksin warga kami, namun persediaan di Dinkes waktu itu habis, dan hanya mendapat jatah 300. Namun kemarin ketika ada dosis di PMI, langsung kami mengajukan untuk menggelar di desa kami,” jelasnya.

Camat Sukorambi, Yulia Purnamasari, ikut memantau langsung kegiatan vaksin dirumah warga. Dan sangat mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Kades Jubung.

“Apa yang dilakukan Kades Jubung ini bisa ditiru oleh kades yang lain. Karena memang ajakan vaksin di desa, banyak warga yang enggan vaksin. Namun ketika ada tokoh sekitarnya yang mengajak, mereka akan berbondong bondong, sehingga peran tokoh masyarakat juga sangat penting,” ujar Yulia.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki mengatakan, saat ini PMI Kabupaten Jember mendapat bantuan 5.000 dosis vaksin Sinovac dari PMI Jatim.

“Alhamdulillah, dalam satu minggu ini sudah 4.000 dosis yang sudah disuntikkan ke warga dari 5.000 dosis yang kami terima dari PMI Jatim. Saat ini tersisa 1.000 dosis, dan dalam waktu dekat sudah habis. Karena sudah ada beberapa titik yang mengajukan vaksin lewat PMI,” pungkas Zaenal.

Sementara hasil vaksinasi di Desa Jubung, animo masyarakat lebih tinggi dibandingkan digelar di balai desa. Dari 200 sasaran, jumlah peserta melonjak menjadi 400, sehingga petugas medis harus menambah dosis vaksin. (yas/rhd)


Baca juga: