Indonesia Sapu Bersih Medali di Piala Dunia Panjat Tebing 2022

Jakarta, SERU.co.id – Kabar bahagia dari dunia olahraga disampaikan oleh para atlet panjat tebing Indonesia yang berlaga di Piala Dunia Panjat Tebing 2022. Tiga atlet Indonesia menyapu bersih medali di nomor speed putra, Jumat (6/5/2022).

Atlet Veddriq Leonardo memastikan diri sebagai juara dunia speed putra dengan catatan waktu 6,96 detik. Di posisi kedua, atlet Indonesia Kiromal Katibin meraih perak, sementara atlet Indonesia lainnya Rahmad Adi Mulyono mendapatkan medali perunggu di nomor yang sama.

Pada babak kualifikasi ajang yang digelar di Jungnang Sport Climbing Stadium, Korea Selatan ini , Katibin bahkan memecahkan rekor dunia dengan mencetak waktu 5,17 detik. Ia mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh rekan senegaranya, Veddriq pada Piala Dunia Panjat Tebung tahun lalu.

Atlet Indonesia lainnya Zaenal Aripin juga masuk dalam jajaran lima besar atlet tercepat tahun ini dengan catatan waktu 5,74 detik di babak kualifikasi.  

Di partai putri, atlet Rajiah Salsabillah dan Desak Made Rita harus mengakui keunggulan para lawannya dengan finis di tempat kelima dan kesembilan.

Dengan kemenangan ini, Indonesia makin memperkuat diri sebagai negara yang memiliki atlet panjat tebing terbaik. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) diketahui memang berfokus dalam kategori speed dengan mengirimkan 12 atlet putra dan putri. (hma/rhd)


Baca juga: