India Rebut Gelar Juara Bertahan Indonesia di Final Thomas Cup 2022

Bangkok, SERU.co.id – Tim bulutangkis Indonesia harus mengakui keunggulan India dalam final Thomas Cup 2022, Minggu (15/5/2022) sore. India mengalahkan juara bertahan Indonesia dengan 3-0 di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Pertandingan pertama dibuka oleh Anthony Sinisuka Ginting melawan tunggal putra India Lakshya Sen. Ginting, sapaan akrabnya, tampil meyakinkan di babak pertama dengan menang 21-8 dalam 17 menit saja. Pada gim kedua, Ginting harus bersusah payah menghadapi Sen. Ia harus mengakui pemain India itu dengan skor 21-17. Keduanya dipaksa melakoni rubber game dan berhasil dimenangkan oleh Sen dengan 21-16. Satu poin untuk keunggulan India.

Di pertandingan selanjutnya, pelatih Herry IP kembali menyandingkan unggulan Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan. Mereka tampil menghadapi ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Tampilan kedua pasangan ini saling berkejaran poin. Kevin/Ahsan mampu memenangi gim pertama dengan 21-18.

Gim kedua berlanjut dengan poin yang cukup jauh di akhir interval kedua, 11-7 untuk keunggulan India. Meski sempat memimpin dengan 19-15, Indonesia menyerah pada gim kedua dengan 23-21. Rubber game berlangsung sangat ketat dengan skor yang saling berkejaran. Namun, India memastikan kemenangan 2-0 setelah Rankireddy/Sheety menang.

Pada posisi tertinggal, tunggal putra Jonatan Christie memikul beban berat. Ia melawan Srikanth Kidambi dengan harapan memberi poin untuk tim Indonesia. Pada babak pertama, Jojo, sapaan akrabnya mengakui keunggulan Kidambi dengan 21-15.

Babak kedua, Jojo tampil habis-habisan untuk mempertahankan gelar juara Indonesia. Namun, performa Kidambi sedang bagus dan unggul sejak interval kedua. Ia unggul jauh dengan 12-8 hingga menutup pertandingan untuk kemenangan India.

Dengan hasil tersebut, India merebut gelar juara bertahan Thomas Cup yang dimiliki Indonesia. Kemenangan ini merupakan yang pertama dalam sejarah bulutangkis negara Taj Mahal itu. (hma/rhd)


Baca juga: