IKIP Budi Utomo Malang Raih Anugerah Kampus Unggulan Kategori Institut

Malang, SERU.co.id – IKIP Budi Utomo (IBU) Malang berhasil meraih peringkat 3 kategori Institut dalam Anugerah Kampus Unggulan (AKU) Tahun 2021 yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur (Jatim).

Rektor IKIP Budi Utomo Malang, Dr Nurcholis Sunuyeko, MSi mengaku, senang dan bersyukur atas raihan penghargaan dalam gelaran AKU tahun ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan kepada kami. Penghargaan ini merupakan wujud dari konsistensi kami (IBU) untuk membangun SDM Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing, cerdas serta berkarakter,” seru Nurcholis, Kamis (25/11/2021).

Sebagai informasi, pemberian penghargaan tersebut dilakukan bersamaan dengan Rapat Kerja Pemimpin Perguruan Tinggi (Rakerpim PT) di Grand Mercure Hotel Malang, Rabu (24/11/2021).

Nurcholis menjelaskan, dengan mendapatkan penghargaan AKU ini, IBU Malang akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kelembagaan dan sumber daya manusia yang ada didalamnya.

“Kami akan terus memperbaiki kualitas SDM dan tata kelola kelembagaan, agar kedepannya bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi dalam Anugerah Kampus Unggul (AKU),” jelasnya.

Apalagi, lanjut Nurcholis, IBU Malang telah menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menerima sebanyak 168 mahasiswa dari 43 perguruan tinggi di Tanah Air.

“Selain itu kami juga telah mengirimkan 83 mahasiswa untuk berkuliah di 17 perguruan tinggi di Indonesia,” tegasnya.

Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan Kategori Institut kepada IKIP Budi Utomo Malang. (humas) - IKIP Budi Utomo Malang Raih Anugerah Kampus Unggulan Kategori Institut
Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan Kategori Institut kepada IKIP Budi Utomo Malang. (humas)

Dalam Rekerpim tersebut, LLDIKTI Wilayah VII Jatim, memberikan penghargaan kepada 19 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari kategori bentuk Perguruan Tinggi (PT) Akademik, Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan PT Vokasi (Politeknik, Akademi dan Akademi Komunitas).

Selain itu, LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur juga memberikan Anugerah Kampus Unggulan Bidang Khusus kepada 40 PTS nominasi dalam 11 kategori. Antara lain Kinerja Bidang Kemahasiswaan Terbaik, Akselerasi Jabatan Akademik Terbaik, Akselerasi Pengelolaan Perguruan Tinggi Baru Terbaik dan Humas Perguruan Tinggi Terbaik.

Pemberian Anugerah Kampus Unggulan (AKU) bagi perguruan tinggi swasta dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan Rakerpim PT sejak tahun 2009. Penghargaan ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan dan motivasi bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kelembagaan dan sumber daya.

Hadir sebagai peserta adalah 318 pemimpin PTS (Perguruan Tinggi) dan undangan, yang dilakukan secara luring dan daring. Sedangkan undangan yang hadir secara luring sejumlah 100 PTS dengan diberlakukan protokol kesehatan secara ketat. (rhd)


Baca juga: