Hari Ini Peringatan Puncak Haornas 2020

Jakarta, SERU.co.id – Hari ini, 9 September 2020, Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-37. Tahun ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengusung tiga tema berbeda, yaitu sport science, sport tourism dan sport industry.

Tahun lalu, peringatan Haornas digelar secara meriah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Peringatan tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menyusul adanya pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Peringatan puncak Haornas tahun ini akan diselenggarakan di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta, Rabu (9/9/2020) dimulai sekitar pukul 18.30 WIB dan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

“Acara puncak akan berlangsung kurang dari 80 menit. Acara dibagi dalam dua sesi, yang masing-masing berdurasi 40 menit. Presiden akan hadir untuk menyematkan Satya Lencana Dharma Olahraga kepada para atlet, pelatih, dan pelaku olahraga yang menerima penghargaan tersebut,” beber Sekretaris Panitia Pelaksana Haornas 2020, Mafrizon.

Para penerima tersebut dipilih oleh Kemenpora dengan melibatkan orang-orang yang berkompeten. Perayaan Haornas akan disiarkan secara langsung di TVRI dan kanal Youtube resmi Kemenpora. Acara ini akan dimeriahkan oleh penampilan dari atlet-atlet olahraga.

Peringatan Haornas tahun ini sudah dimulai sejak Februari lalu. Kemenpora mengadakan serangkaian acara, yaitu kejuaraan berbagai cabang olahraga, webinar, uji publik, dialog interaktif, Rakornas, hingga puncaknya adalah pemberian penghargaan pada insan olahraga yang berprestasi, pada 9 September 2020.

Tanggal 9 September ditetapkan sebagai Haornas oleh Presiden Soeharto. Penetapan ini dilatarbelakangi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, 9-12 September 1948. (hma/rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *