Harga Tomat Menyusul Cabai, Pengusaha Catering Putar Otak

Batu, SERU.co.id – Harga bahan pokok kebutuhan rumah tangga di pasaran kembali meningkat setelah lebaran. Belum lagi cabai Rawit yang sudah tembus Rp 90 ribu per kg di Pasaran, tomat juga mengikuti harga cabai. Dari hanya Rp4000 rupiah per kilogram menjadi Rp14000 rupiah perkilogram.

Kenaikan harga cabai dan tomat di pasaran ini juga berimbas pada usaha catering wisata. Salah satu pemilik catering wisata, Robbey Firmansyah mengatakan, kenaikan harga 2 bahan makanan ini sangat dirasakan usaha catering. Pasalnya, dalam menu yang ditawarkan kepada rombongan wisata selalu ada sambel sebagai pelengkap setting menu.

“Lidah orang timur seperti kita ini rasanya kurang lengkap Kalau belum makan tanpa sambal. Bahkan walaupun tanpa lauk asal ada nasi dan sambal pun bisa sangat dinikmati,” seru Robbey, owner Sriwijaya Catering Batu ini.

Robbey juga menjelaskan, untuk harga tomat yang ikut naik, dirinya juga cukup merasakan. Karena tomat dimanfaatkanjuga untuk campuran sambal dan campuran sayuran. Dengan kenaikan harga cabai tomat ini, dirinya terpaksa memberi pilihan kepada calon pembeli.

“Kalau mau dengan menu yang ada, terpaksa harganya harus menyesuaikan tetapi kalau tidak, terpaksa ada menu yang harus dikurangi,” ujarnya.

Sementara itu, pedagang cabe rawit di pasar relokasi kompleks Stadion Brantas, Mujiati mengatakan, harga cabai masih bertahan Rp90 ribu/kg, namun ada juga yang menjualnya Rp 80-85 ribu/kg. Kenaikan ini sudah diakui sudah terjadi sekitar dua minggu. Dampaknya, peminat cabe rawit langsung turun dan jarang pembeli setiap hari.

“Kalau harga cabe merah atau cabai besar itu juga naik di angka Rp 80 ribu. Tapi kenaikannya stabil dan masih belum turun sampai sekarang,” pungkasnya. (dik/mzm)


Baca juga: