Hanya Enam Destinasi Wisata Disetujui Ujicoba Buka

Malang, SERU.co.id – Setelah mendapat lampu hijau dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Pemuda Olaharaga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang mengusulkan dua puluhan lebih destinasi wisata. Namun, hanya enam destinasi wisata yang disetujui ujicoba buka.

“Ada 26, tapi yang di acc hanya enam. Pertimbangan yang lain masih dicoret, belum tahu kenapa dicoret. Padahal ini (Festival Kampung Tematik) kan secara virtual ya,” seru Kadisporapar, Ida Ayu Made Wahyuni, ditemui di Balaikota Malang, Senin (18/10/2021).

Jumlah tersebut termasuk Kampung Tematik yang ada di Kota Malang untuk ujicoba buka kembali. Sejauh ini, hanya satu lokasi wisata yang sudah diperbolehkan buka, namun dengan protokol kesehatan ketat.

“Wisata di Kota Malang baru satu yang ACC, ya Hawaii itu. Lainnya belum disetujui, karena masih Level III,” bebernya.

Pihaknya menyebutkan, pihak penyedia destinasi harus melengkapi dulu aplikasi pedulilindungi. Karena tidak semua memiliki, tetapi akan diusulkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kita sudah ajukan. Kita sudah usulkan ke Kemenkes melalui Disbudpar Pemprov Jatim,” imbuh Ida.

Disporapar menegaskan, jumlah enam yang sudah di ACC tersebut masih untuk uji coba. Termasuk Kampung Tematik, Museum Brawijaya, Museum MPU Purwa dengan syarat prokes ketat.

“Mas menteri kemarin bilang Malang masih level III, karena aglomerasi. Jadi harus sabar,” terangnya, kepada SERU.co.id.

Terkait aturan anak dibawah 12 tahun, Ida sudah berkomunikasi dengan Walikota Malang, Drs H Sutiaji. Karena tidak mungkin orang tua bersantai tanpa membawa anaknya. Sehingga Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan deskresi kepada pimpinan daerah.

“Saya sudah matur (lapor/ijin, red) ke beliau (Walikota),” tandasnya. (jaz/rhd)


Baca juga: