Hadapi Demonstran, Anggota Polres Batu Dibekali Latihan Pengendalian Massa

Batu, SERU.co.id – Kepolisian tidak hanya bertugas mengatur lalulintas maupun mengejar pelaku kejahatan saja, namun polisi juga dituntut untuk bisa mengendalikan massa yang turun ke jalan melakukan unjuk rasa. Berkenaan dengan itu, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin menginstruksikan anggotanya untuk rutin melaksanakan latihan pengendalian masa (dalmas) yang dijadwalkan setiap hari Rabu dan Kamis di lapangan apel Mako Polres Batu.

Menurut Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin SIK MT,  diadakannya latihan rutin Dalmas ini dalam rangka menjaga Harkamtibmas dan antisipasi gejolak sosial masyarakat yang mengarah kepada aksi unjuk rasa.  Serta situasi kontijensi di wilayah hukum Polres Batu. Anggota Dalmas diambil dari Polwan, anggota Bag dan Satfung serta anggota dari Polsek jajaran Polres Batu.

“Dengan adanya latihan Dalmas secara rutin akan menumbuhkan sikap disiplin dan meningkatkan hierarki dalam berorganisasi di Kepolisian,” seru AKBP Oskar.

Orang nomor satu di lingkungan Polres Batu itu menjelaskan latihan rutin Dalmas juga bermanfaat untuk membentuk attitude sebagai penegak hukum yang profesional. Sehingga dapat dengan cepat dan tepat sasaran dalam mengambil langkah – langkah ketika ada situasi kontijensi di wilayah hukum Polres Batu. Mengingat,  saat ini di Kota Batu juga akan berlangsung pelaksanaan Pilkades serentak 2022 dan tahapan Pemilu tahun 2024.

Kapolres Batu berharap kemampuan anggota Polres Batu dapat meningkat,  khususnya kemampuan dalam mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada saat Pilkades dan Pemilu. Sehingga dua momen pemilihan tersebut dapat berlangsung dengan aman dan demokrasi. Selama latihan berlangsung, Kapolres Batu dan Wakapolres Batu turut mendampingi dan memantau untuk membakar semangat anggotanya dibawah terik matahari yang panas. (dik/ono)

Sorry, you cant copy SERU.co.id!