Gunung Semeru Erupsi, Warga Diminta Waspada

Lumajang, SERU.co.id – Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pada Jumat (25/11/2022) pagi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, erupsi terjadi pada pukul 07.02 WIB dengan tinggi abu kurang lebih 500 meter di atas puncak.

Sementara itu, dari pantauan Pos Pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, terjadi 22 kali gempa letusan dengan amplitudo 18-22 mm sejak pukul 00-00 hingga 06.00 WIB.

Pada periode pantauan 06.00-12.00 WIB, gempa letusan terpantau 19 kali dengan amplitudo 11-22 mm. Warga juga mendengar suara letusan sedang.

PVMBG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap awan panas guguran (APG). Erupsi juga berpotensi terjadi guguran lava dan lahar di sepanjang sungai.

“Waspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru,” seru petugas PVMBG Nur Rokhman Hidayat.

Warga juga diimbau untuk berhati-hati saat beraktivitas di sepanjang kawasan Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat. (hma/rhd)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!