Getol Evakuasi Isoman ke Isoter, Kota Malang Masuk Zona Orange

Malang, SERU.co.id – Usaha dan proses tak akan membohongi hasil. Seperti halnya upaya yang dilakukan tim gabungan TNI-POLRI dan nakes Puskesmas di Kota Malang yang getol mengevakuasi pasien isolasi mandiri (isoman) ke fasilitas isolasi terpusat (isoter). Hasilnya, Kota Malang masuk zona orange, turun dari zona merah.

Tak hanya itu, tingkat kesembuhan pun meningkat lantaran kesigapan penanganan pasien covid-19. Sebuah kabar gembira yang membawa optimisme covid-19 dan kemungkinan Kota Malang terjadi penurunan level PPKM bergeser ke level 3.

“Tentunya ini buah dari kerja keras kita bersama. Diimbangi kesadaran masyarakat untuk segera melapor kepada kami. Dengan penanganan yang cepat dan tanggap, meminimalisir resiko pasien dan keluarga menjadi terselamatkan,” seru Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona, Kamis (26/8/2021).

Meski pencapaian ini membuahkan hasil positif,  Dandim tetap menghimbau masyarakat Kota Malang untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Meski Kota Malang sudah zona orange, jangan lengah dan jangan jumawa. Tetap jaga protokol kesehatan dengan ketat, dengan cuci tangan, tetap bermasker dan jaga jarak,” imbuh Ferdian.

Sebagaimana database Satgas Covid-19 Jatim, kasus positif di Kota Malang 14.568 orang dengan kasus aktif 627 orang. Sementara jumlah pasien sembuh 12.893 orang dan meninggal 1048 orang. Sedangkan suspek 445 orang dan probabel 156 orang, dengan jumlah pasien isolasi total 445 orang.

Walaupun masuk zona orange, tim gabungan tetap getol mengevakuasi pasien isoman ke isoter sampai pandemi covid-19 berlalu. Hingga Kamis (26/8/2021) malam, tim gabungan Kota Malang telah mengevakuasi 46 orang pasien isoman ke isoter. Terbagi pada isoter di safe house BPSDM Jalan Kawi Kota Malang dan isoter RS Lapangan Ijen Boulevard Jalan Simpang Ijen, Oro oro Dowo, Kota Malang.

Tercatat, 32 orang isoman dievakuasi ke isoter BPSDM Jalan Kawi No. 41 Kota Malang, dengan rincian:
– 4 orang dari Kecamatan Klojen.
– 2 orang dari Kecamatan Kedungkandang.
– 15 orang dari Kecamatan Sukun.
– 11 orang dari Kecamatan Lowokwaru.

Sementara 14 orang isoman dievakuasi ke isoter RS Lapangan Ijen Boulevard Jalan Simpang Ijen, Oro oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, dengan rincian:
– 2 orang dari Kecamatan Kedungkandang.
– 4 orang dari Kecamatan Blimbing.
– 7 orang dari Kecamatan Sukun.
– 1 orang dari Kecamatan Lowokwaru.
(rahadi)


Baca juga: