Fumio Kishida Terpilih Jadi PM Jepang

Jepang, SERU.co.id – Negeri Jepang resmi memiliki Perdana Menteri (PM) baru yang terpilih lewat pemungutan suara parlemen, Senin (4/10/2021). Ia adalah Fumio Kishida yang berhasil mendapatkan 311 suara.

“Kami menunjuk Fumio Kishida sebagai perdana menteri,” kata Ketua Majelis Rendah Parlemen Jepang, Tadamori Oshima.

Setelah disetujui majelis rendah parlemen, pemungutan suara dilakukan oleh majelis tinggi parlemen dan resmi menetapkan Kishida sebagai PM.

Kemenangan Kishida memang sudah banyak diprediksi berbagai pihak. Pada minggu sebelumnya, ia memenangkan jabatan sebagai ketua Partai LDP. Biasanya kandidat yang berhasil memenangkan pemilu partai yang berkuasa, akan mudah mendapatkan suara dari parlemen.

Kishida resmi menggantikan PM sebelumnya, Yoshihide Suga. Kepemimpinan Kishida akan menghadapi banyak tantangan berat. Ia dihadapkan dengan pemulihan ekonomi pasca covid-19. Sejumlah wilayah di Jepang sebelumnya berstatus darurat covid-19.Kishida juga akan dihadapkan dengan permasalahan ancaman militer dari Korea Utara dan China.

PM Jepang yang sebelumnya, Yoshihide Suga resmi menyatakan tidak maju dalam pemilu Partai LDP. Ia mengatakan ingin fokus menghadapi penanganan covid-19 dan tidak membagi pikirannya dengan kontestasi partai. (hma/rhd)


Baca juga: