Etika Dalam Menjalankan Kehidupan

Aida Luthfiana
Teknik Informatika
Universitas Muhammadiyah Malang

Sebagai manusia kita merupakan makhluk social, dimana kita tidak dapat hidup dengan sendiri kita juga perlu bersosialisi kepada manusia lain. Seperti pada Firman Allah “Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”, QS Al Hujurāt 13.

Pada ayat tersebut Allah berkehendak hubungan sosial antar manusia yaitu bermasyarakat yang harmonis,dipenuhi rasa kasih sayang kekeluargaan yang juga merupakan harapan setiap manusia sebagai makhluk sosial.

Oleh karena itu alangkah baiknya kita sebagai manusia dan makhluk social dapat menjalankan kehidupan dengan baik dan juga memiliki etika kehidupan yang baik seperti :

1. Jangan potong pembicaraan orang lain

Itu merupakan salah satu point penting, terkadang dalam diskusi/pembicaraan dalam kelompok atau ketika teman kita bercerita alangkah baiknya kita tidak memotong pembicaraan hingga selesai,apalagi hingga kalian tiba-tiba mengganti topik pembicaraan diluar apa yang sedang dibicarakan oleh teman kalian.

2. Jangan suka berbelanja jika kalian belum memiliki penghasilan

Ini juga merupakan point yang penting, alangkah baiknya kita tidak terlalu memaksakan ingin memiliki sesuatu,padahal mungkin barang itu belum terlalu di perlukan. Dan juga jangan membuang uangmu untuk membeli barang yang mungkin tidak ada gunanya untuk dirimu. Oleh karena itu mulai sekarang gunakan uangmu dengan sebaik mungkin agar kehidupan tetap lancar.

3. Hindari tertawa/bicara terlalu keras ketika di tempat umum

Alangkah baiknya seorang manusia ketika berada di tempat umum seperti bus,mall,rumh makan dll, tidak tertawa atau berbicara terlalu keras, karena untuk menghindari agar orang lain tidak merasa terganggu dengan kita.

Baca juga:   Evaluasi PPKM Mikro Tren Kota Malang Menurun, Ketentuan Zona Diperketat
4. Dahulukan ibu hamil,orang tua atau penyandang disabilitas ketika berada di tempat umum

Terkadang ketika kita akan menaiki lift/bus ataupun yang lainnya alangkah baiknya kita mendahulukan ibu hamil,orang tua atau penyandang disabilitas.

5. Jangan membuang sampah sembarangan ketika sedang berkendara

Terkadang seseorang ketika waktu sedang berkendara dan juga diselingi dengan makan,mereka membuang sampah makanan ke jalan, itu merupakan kegiatan yang tidak bagus karena bisa jadi sampah makanan tadi mengganggu orang lain yang sedang berkendara juga.

6. Berbicara dengan sopan ketika dengan yang lebih tua

Hendaknya kita ketika kepada yang lebih tua alangkah baiknya jika kita berbicara dengan sopan,tidak dengan kata-kata yang kasar ataupun dengan kata-kata yang tidak sopan

7. Menjenguk seseorang yang sakit

Ketika teman,keluarga ada yang sakit alangkah baiknya jika kita menjenguk mereka serta memberi dukungan kepada mereka agar cepat sembuh,selain itu juga menjenguk orang yang sedang sakit terdapat dalam sebuah hadits yaitu “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila seseorang berkunjung pada saudara muslimnya (yang sedang sakit), maka seolah-olah dia berjalan-jalan di surga hingga duduk. Apabila telah duduk, maka akan dituruni rahmat dengan deras. Apabila dia berkunjung saat pagi hari, maka sebanyak tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya supaya diberi rahmat sampai sore hari. Apabila dia berkunjung saat sore hari, maka sebanyak tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya supaya diberi rahmat sampai pagi hari.’” Hadits ini diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah, dimana Ahmad Syakir menyatakannya sebagai hadits yang shahih.

Dan juga ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit,kita jangan terlalu berisik didalam ruangannya,jenguklah diwaktu yang tepat dan juga jangan terlalu mengajak orang yang sedang sakit berbicara.

Baca juga:   BOM, Komunitas Onthel Lintas Generasi
8. Selalu menjaga lingkungan sekitar kita dimanapun kita berada

Kita wajib menjaga lingkungan disekitar kita, karena pada al quran sendiri terdapat ayat yang menjelaskan jangan merusak lingkungan yaitu “Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan.” (QS Al Baqarah: 205).

Dan juga dengan menjaga lingkungan kita sebagai manusia juga dapat merasakan kemanfaatannya juga, seperti jika kita tidak merusak hutan maka sirkulasi udara juga akan menjadi lebih segar, tidak membuang sampah sembarangan pemandang lebih enak dipandang dan dimana jika kita tidak membuang sampah sembarangan maka kita juga menjaga kebersihan seperti dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Kebersihan itu separuh dari keimanan.”.

Diatas merupakan beberapa etika yang dapat kita lakukan dalam sebuah kehidupan,akan tetapi masih banyak etika lain yang belum disebutkan juga. Dengan kita menjalankan kehidupan kita sesuai dengan etika kehidupan yang ada kita dapat merasakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Ada beberapa manfaat dengan menjalani kehidupan sesuai etika seperti jika kita menjaga lingkungan kita,kita dapat menjalankan hidup lebih sehat karena lingkungan kita juga sehat. Lalu ketika kita tidak terlalu berbelanja jika kita tidak memiliki penghasilan kita akan lebih tenang dan juga kita tidak membuang uang dengan membeli barang yang belum berguna seperti pepatah “hemat pangkal kaya”. Tidak memotong pembicaraan orang lain,maka orang lain akan merasa dirinya dihargai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *