Efisiensi Produksi UMKM: Fasilitasi Alat Tepat Guna Kepada UMKM Dampingan KKN-T Kelompok 11 Universitas Bojonegoro

Ayu Eliana
Ekonomi Pembangunan – Universitas Bojonegoro

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tulang rusuk perekonomian suatu daerah termasuk adanya UMKM menjadi salah satu bukti bahwa pentingnya kemandirian ekonomi masyarakat. Kelompok 11 Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Bojonegoro memberikan fasilitasi alat tepat guna berupa mesin pemotong dan alat peniris minyak kepada pemilik UMKM Mba Ati pada Minggu (24/07/2022) yang bertempat di rumah Ibu Ati selaku pemilik dari UMKM Keripik pisang.

Kelompok 11 ini berada di Dusun Takolan Desa Kendung Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro. Penyerahan mesin pemotong dan alat peniris minyak ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak Joko Hadi Susilo, S.E, M.E. serta anggota KKN-T kelompok 11.

Acara ini merupakan salah satu program kerja yang disusun oleh kelompok 11 yang telah disesuaikan dengan analisis kebutuhan utama UMKM sasaran, selain penyerahan alat tepat guna, kelompok 11 juga akan melakukan pendampingan terkait dengan pemasaran secara online, pengelolaan laporan keuangan serta fasilitasi legalitas usaha. Alat tepat guna ini diberikan dengan tujuan agar produksi dapat berjalan efektif dan efisien.

Univeritas Bojonegoro pada dua tahun terakhir ini mempunyai fokus pengabdian kepada masyarakat yang salah satunya diaplikasikan melalui KKN-T dengan skema pemberdayaan UMKM. Hal ini menjadi salah satu bukti peran Universitas Bojonegoro dalam membantu dan berkontribusi pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya fasilitasi alat tepat guna kepada UMKM Bu Ati akan meningkatkan kualitas produk dan efisiensi produksi sehingga mampu menjaga going concern usaha,” ujar DPL Kelompok 11, Joko Hadi Susilo S.E, M.E.

Selanjutnya, Joko sapaan akrabnya juga berharap, agar kelompok yang ia dampingi dapat mengembangkan keilmuannya di lingkungan masyarakat. Mengimplementasikan ilmu di kehidupan sehari-hari, karena ini adalah suatu bentuk perwujudan daripada Tri-Dharma perguruan tinggi.

“Selain itu saya juga berharap kepada kelompok 11 agar terus semangat dan belajar sampai Kuliah Kerja Nyata ini selesai,” pungkasnya.

Sorry, you cant copy SERU.co.id!