DPRD Gelar Paripurna LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020

Blitar, SERU.co.id – DPRD Kabupaten Blitar menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Blitar Tahun Anggaran 2020, Senin (8/2/2021). Rapat dilaksanakan secara daring dan dipusatkan di Ruang Graha Paripurna lantai II Kantor DPRD Kabupaten Blitar. Paripurna yang dihadiri 39 anggota DPRD tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto.

Sementara Bupati Blitar, Rijanto, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, serta Fokompimda mengikuti rapat paripurna secara virtual dari kantor Pemerintah Kabupaten Blitar. Sedangkan Kepala OPD di kantor masing-masing.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto usai paripurna mengatakan, rapat paripurna ini membahas LKPJ Tahun Anggaran 2020.

“Nanti setelah LKPJ disampaikan Bupati kepada DPRD sebelum memperoleh kesepakatan akan dilakukan pembahasan dahulu. Kemudian DPRD akan membuat tim khusus yang bertugas membahas LKPJ yang akan bekerja awal Maret 2021,” kata Suwito Saren Satoto.

Sementara Bupati Blitar, Rijanto menyampaikan, empat prioritas pembangunan daerah Kabupaten Blitar tahun 2020. Diantaranya peningkatan standar kualitas kesehatan masyarakat menuju new normal, penanggulangan kerentanan sosial melalui penguatan jaringan pengamanan sosial, pemulihan ekonomi daerah melalui perlindungan usaha mikro, kecil dan koperasi yang berbasis pertanian dan pariwisata, dan fasilitas pilkada tahun 2021 – 2024.

Selanjutnya, untuk pemulihan ekonomi daerah melalui perlindungan usaha mikro, kecil, koperasi berbasis pertanian dan pariwisata, pemerintah kabupaten Blitar melakukan relaksasi pajak dan retribusi keramaian dan pariwisata bagi pelaku usaha dan masyarakat. Selain itu, pemerintah daerah juga melakukan promosi wisata melalui media sosial dan melakukan pembinaan dan pengembangan usaha perdagangan, kualitas kuantitas produk dan kemudahan layanan akses permodalan UKM.

Terakhir, Bupati Rijanto menyampaikan terkait Fasilitas Pilkada periode 2021-2024. Kabupaten Blitar juga melaksanakan pemilihan Kepala daerah yang dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2020 lalu, tingkat partisipasi masyarakat kabupaten Blitar sebesar 67,08 persen dari target nasional sebesar 70 persen.

Bupati Rijanto juga menjabarkan berbagai prestasi yang diraih oleh baik jajaran aparatur pemerintah maupun masyarakat Kabupaten Blitar sendiri. Prestasi yang diraih tidak hanya pada tingkat regional/provinsi namun juga nasional. Beliau menekankan prestasi tersebut bukan tujuan utama melainkan motivasi guna berkompetisi secara sehat. (fjr/mzm)