Disparta Batu Gaet Pelaku Wisata Jawa-Bali ‘Kita Punya Cerita’ Konco Penak

Batu, SERU.co.id – Satu lagi acara yang didukung oleh Dinas Pariwisata Kota (Disparta) Batu untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kota Apel ini. Event ‘Kita Punya Cerita’ diselenggarakan Konco Penak & Partner, mulai Selasa hingga Kamis (14-16/6/2022). Event ini merupakan gagasan dari beberapa pelaku usaha pariwisata dari Jogjakarta, bekerja sama dengan pelaku pariwisata di Batu dan Malang.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Harun Effendi mengatakan, ‘Kita Punya Cerita’ Konco Penak & Partner merupakan kegiatan untuk menarik pelaku wisata di Jawa dan Bali, dengan mengenal destinasi wisata yang ada dikota Batu. Pengenalan destinasi baru yang berada di desa wisata ini, penting untuk diperkenalkan menjadi destinasi alternatif bagi wisatawan. Sehingga wisatawan bisa mengenali obyek-obyek baru yang menawarkan daya tarik wisata lain.

Kadisparta Batu Drs. Arief As Siddiq MH memberikan sambutan. (dik)
Kadisparta Batu Drs. Arief As Siddiq MH memberikan sambutan. (dik)

“Acara ini bertujuan untuk mengumpulkan para seller/vendor, untuk bertemu dengan para pelaku wisata dari seluruh daerah. Diharapkan akan terjadi perputaran dan pengenalan secara langsung,” seru Harun Effendi.

Pengusaha T-shirt asal Jogja itu menjelaskan, acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kota Batu. Selain itu, event ini mendukung program pemerintah untuk mengembangkan UMKM lokal dan Desa Wisata. Tidak menutup kemungkinan akan menarik para investor dari dalam negeri.

“Acara ini dapat menjadi pilihan bahwa tujuan wisata baru (Desa Wisata) akan menjadikan alternatif yang disukai pelaku wisata. Dan dicari oleh masyarakat di semua kalangan, baik anak-anak, dewasa dan orang tua,” ucapnya.

img 20220614 wa0058
Prosesi pembukaan acara dengan menembakkan paintball. (dik)

Lebih lanjut Harun menuturkan, ‘Kita Punya Cerita’ Konco Penak & Partner ini merupakan agenda tahunan, namun tidak terlaksana selama 2 tahun akibat pandemi covid-19. Tidak hanya menjadi ajang pertemuan antara vendor/seller dan pelaku wisata, tetapi juga diselingi beberapa kegiatan menarik lainnya dengan kemasan yang berbeda. Salah satunya, Fun Outbond Bersama dan Jeep Adventure mengelilingi berbagai obyek-obyek “hidden gems” di Kota Batu.

“Besar harapan kami, agar seluruh kegiatan yang kami rencanakan dapat terealisasi sesuai rencana. Dan bermanfaat bagi semua, terkhusus Kota Wisata Batu,” tukasnya.

img 20220614 wa0060
Komunitas Konco Penak dari Jogjakarta selaku penggagas acara. (dik)

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Batu, Drs. Arief As Siddiq MH mengaku, sangat mengapresiasi kehadiran masyarakat Kota Batu di Sendratari Arjuna Wiwaha yang belum lama dibuat. Ia berharap, masyarakat Kota Batu juga bisa menikmati apresiasi seni dan budaya yang akan terus diagendakan oleh Disparta Batu.  Arief juga berharap, Sendratari Arjuna Wiwaha menjadi ikon wisata pertunjukan yang terkemuka.

“Ternyata benar-benar diminati oleh warga masyarakat Batu,” ucapnya.

Kadisparta juga mengaku senang dan bangga dengan inisiasi Konco Penak yang menggelar acara tersebut. Mantan Kadis Bina Marga itu menyebutkan, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang  bersama-sama membangun Pariwisata Kota Batu. Menasionalkan pariwisata Batu, sehingga kunjungan wisata lebih meningkat.

Salah satu sajian tarian di acara opening. (dik)
Salah satu sajian tarian di acara opening. (dik)

“Kita sudah kedatangan tamu 2,6 juta wisatawan. Tahun 2019 lalu kita sempat tembus 7,2 juta. Semoga dengan acara seperti ini kita bisa bisa melampaui target seperti dulu. Semoga perekonomian makin menggeliat dan bangkit, sehingga masyarakat makin sejahtera,” pungkasnya.

Acara pembukaan ‘Kita Punya Cerita’ ini, dihadiri pula oleh Ketua BPC PHRI Batu, Ketua Fosipa Batu dan Pengusaha Biro Perjalanan Wisata se-Malang Raya. Acara ini dihadiri pula oleh pengusaha perjalanan wisata dari Lombok, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Bali dan Malang. Ribuan warga Batu pun turut hadir ingin menyaksikan secara langsung tari rampak barong. (adv/dik/rhd)

Baca Juga :