Dinkop UM Gali Potensi Warga Desa Pagerwojo

Jombang, SERU.co.id – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM), bidang Pemberdayaan Mikro memfasilitasi pelatihan usaha mikro usulan prioritas Kecamatan, bertempat di Balai Desa Pagerwojo Kecamatan Perak Kabupaten Jombang, Kamis (23/6/2022).

Kepala Dinas Koperasi dan usaha Mikro, bidang Pemberdayaan  Mikro Kabupaten Jombang, Winarko menyampaikan, Dinas Koperasi bersedia memfasilitasi pembuatan kue Malaysia yang berada di desa Pagerwojo yang diikuti sebanyak 25 peserta selama 3 hari mulai tanggal 21-23 Juni 2022.

“Materi pelatihan tentang menggali potensi untuk masyarakat desa Pagerwojo yang ada produk kue atau keripik malaysia. Sehingga Dinas Koperasi kosentrasi ke kue atau keripik Malaysia karena pembuat kue malaysia cukup banyak,” katanya.

Menurutnya, karena desa lain tidak memiliki produk kue Malaysia, maka dinas Koperasi sekalian mem-branding keripik malaysia yang nantinya bisa menjadi semacam produk unggulan desa Pagerwojo. Sekaligus bisa menjadi ikon desa Pagerwojo.

“Dari peserta 25 orang tersebut dibentuk 5 kelompok, dan masing-masing kelompok diberikan 2 mesin dari dinas koperasi. Sedangkan untuk bahan pembuatan kue juga disiapkan oleh dinas,” ujarnya

Tidak hanya itu, Dinas koperasi juga memfasilitasi dari cara pemasaran, label halal, legalitas surat perijinan usaha, jika diperlukan izin usaha mulai dari NIB (Nomor Induk Berusaha), P.IRT karena produk tersebut masuk dalam kategori makanan atau miniman.

Perlu diketahui, sebenarnya program tersebut adalah usulan dari kepala desa Pagerwojo, usulan untuk prioritas di Kecamatan perak kabupaten Jombang. Akan tetapi kedepannya Winarko berharap, usaha kue dan kripik tidak hanya berkutik di desa Pagerwojo saja akan tetapi bisa lebih berkembang sampai mendunia. (pul/mzm)


Baca juga: