Di Tengah Pandemi Covid-19, MTsN 1 Terus Berkarya Torehkan Prestasi



• Juara II Lomba Cipta Cerpen dan Juara 1 Lomba Mendongeng, Tingkat Jawa Timur

Malang, SERU.co.id – Meski di tengah pandemi Covid-19, tak mematahkan asa para siswa-siswi dan guru MTsN 1 (Matsanewa) Kota Malang untuk tetap mengukir prestasi. Diantaranya, Nisrina Aqilah Mutiallah (siswi kelas 8E), Qonitah Tsaniyah (siswi kelas 8L) dan Yoga Prasetya, guru bahasa Indonesia. Tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi Matsanewa atas torehan prestasi tersebut.

Nisrina Aqilah Mutiallah (siswi kelas 8E), berhasil meraih Juara II Lomba Cipta Cerpen Festival Bahasa dan Sastra Smanti 2020 tingkat Provinsi Jawa Timur. Keberhasilannya lantaran dirinya aktif sebagai anggota Ekskul Penulisan Kreatif Matsanewa yang paling produktif selama tahun 2020.

“Alhamdulillah, semua atas izin Allah SWT. Terima kasih juga kepada Pak Yoga atas bimbingannya selama ini. Prestasi ini menjadikan saya untuk selalu bersyukur, semakin rajin membaca dan terus berkarya,” ungkap Nina, sapaan akrab pengurus inti Organisasi Sastra Matsanewa periode 2019/2020, dilansir dari situs resmi Kemenag Jatim.

Sementara itu, prestasi lainnya juga ditorehkan oleh Qonitah Tsaniyah (siswi kelas 8L), yang meraih gelar Juara 1 Lomba Mendongeng tingkat Provinsi Jawa Timur. Lomba berbasis dalam jaringan (daring)/online ini diadakan oleh Smanti Education Festival sejak bulan Februari hingga April 2020.  

“Alhamdulillah, senang bisa meraih juara 1 lomba mendongeng tingkat Jawa Timur. Saya berterima kasih kepada Pak Yoga dan Mbak Maya yang telah mendukung dan membimbing saya selama ini,” ucap Nita, sapaan akrabnya, dikutip dari laman yang sama.

Qonitah Tsaniyah, menunjukkan sertifikat Juara 1 Lomba Mendongeng tingkat Provinsi Jawa Timur. (ist)

Pendiri Organisasi Sastra Matsanewa,Yoga Prasetya, sangat apresiatif dan bangga terhadap prestasi yang diraih para anak didiknya. “Keduanya memiliki bakat dan mental yang kuat. Ditunjang dengan semangat latihan yang tinggi dan dukungan dari orang tuanya, mereka mampu meraih prestasi. Harapannya, bisa memotivasi siswa lain untuk tidak lelah berkarya dan pantang putus asa,” tutur guru bahasa Indonesia Matsanewa, lulusan S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang (UM) ini.

Baca juga:   Densus 88 Geledah Ponpes di Sleman

Prestasi yang diraih Nina dan Nita ini menambah pundi prestasi Organisasi Sastra Matsanewa binaan Yoga Prasetya. Total sembilan penghargaan diraih selama kurun waktu 2018 hingga 2020.

Diantaranya sejak tahun 2018, Juara 1 Lomba Menulis Dongeng UGM tingkat nasional (Cahaya Hasta Surya), Terbaik 8 Menulis Dongeng UGM (Nur Aliya Shafira), dan Favorit 3 Menulis Dongeng UGM (Puti Khayla R).

Dilanjutkan tahun 2019, Medali Emas Nasional Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia kategori Menulis Cerpen (Azzahra Leilany), nominator juara Lomba Cipta Cerpen FAM tingkat nasional (Ahmad Naufal M), dan Juara 3 Lomba Puisi UKS Dispendik Kota Malang (Ayuning Jayawardhana).

Terbaru tahun 2020, dimana kedua prestasi dicatatkan oleh Nisrina Aqilah Mutiallah, yaitu peringkat 28 Lomba Menulis Cerpen tingkat nasional (Nisrina Aqilah M.), Juara 2 Lomba Cipta Cerpen FBSS 2020 (Nisrina Aqilah M.), dan Juara 1 Lomba Mendongeng tingkat Provinsi Jawa Timur (Qonitah Tsaniyah). (rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *