Danlanud Abd Saleh-Bupati Lumajang Monitoring Wilayah Erupsi Gunung Semeru

Malang, SERU.co.id – Pasca terjadinya erupsi Gunung Merapi di Lumajang, Sabtu (4/12/2021). Danlanud Abd Saleh Malang Marsma TNI Zulfahmi, SSos, MHan, bersama Bupati Lumajang Toriqul Haq monitoring wilayah. Dan pengambilan gambar dari udara, menggunakan pesawat Helikopter EC 120 Colibri dari Skadron Udara 7 Lanud Abd Saleh, Minggu (5/12/2021).

Dari pantauan udara, terlihat puncak Gunung Semeru masih terlihat aktifitas berupa guguran lava dari atas kawah. Sedangkan wilayah yang terdampak ada dua kecamatan, yaitu Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo, dengan delapan desa didalamnya.

“Sebelum pengambilan gambar, helikopter yang ditumpangi Danlanud Abd Saleh menjemput Bupati Lumajang Toriqul Haq terlebih dahulu. Guna melihat langsung dampak erupsi Gunung Semeru di wilayah-wilayah Kabupaten Lumajang,” seru Kadispotdirga, Kolonel Tek Chaeruman, dalam keterangan resminya.

Wilayah terdampak erupsi gunung Semeru nampak dari udara. (ist) - Danlanud Abd Saleh-Bupati Lumajang Monitoring Wilayah Erupsi Gunung Semeru
Wilayah terdampak erupsi gunung Semeru nampak dari udara. (ist)

Tim Lanud Abd Saleh dibawah koordinasi Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Lanud Abd Saleh, Kolonel Tek Chaeruman, tanggap darurat bencana dan berangkat ke lokasi bencana. Dengan mengirimkan personel, sarana dan bansos untuk masyarakat terdampak bencana menggunakan kendaraan darat dari Malang menuju Lumajang, Minggu (5/12/2021).

“Sesuai arahan Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Zulfahmi, SSos, MHan, tim tanggap darurat Lanud Abd Saleh segera berangkat dengan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kodim dan Polres,” imbuh Kadispotdirga.

Tanggap darurat bencana dengan pengiriman bantuan. (ist) - Danlanud Abd Saleh-Bupati Lumajang Monitoring Wilayah Erupsi Gunung Semeru
Tanggap darurat bencana dengan pengiriman bantuan. (ist)

Adapun personel, sarana dan bansos dari Lanud Abd Saleh yang dikirimkan ke lokasi bencana. Meliputi staf Dispotdirga, prajurit Paskhas satu peleton didukung personel dari staf terkait lainnya. Seperti Rumah Sakit, Penerangan, Pomau, Pengamanan dan lainnya.

Sarana yang dikirimkan, meliputi 1 truk bansos, 1 truk tenda, 1 truk untuk angkut prajurit, kendaraan Pomau, ambulance dan kendaraan pendukung. Bansos yang dikirimkan meliputi tenda lapangan, velbed, paket sembako dan lainnya.

Tim Tanggap Bencana Lanud Abd Saleh kini di lokasi tengah melaksanakan kegiatan tanggap bencana. Seperti membuat dapur lapangan, menolong korban bencana, membuka jalan yang terisolasi dan lainnya. (rhd)


Baca juga: