Cegah Stunting dan Tingkatkan Gizi, Dinas Perikanan Jember Akan Beri Kolam Ikan

Jember, SERU.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Perikanan Kabupaten Jember. Menyiapkan program di tahun 2022 yakni satu kolam lima KK dengan menargetkan pembuatan 1.000 kolam bagi masyarakat.

Plt Dinas Perikanan Kabupaten Jember, Drh Sugiyarto MSi mengatakan, program ini upaya pemerintah dalam sektor perikanan untuk membantu masyarakat Jember. Terutama yang di daerah-daerah yang angka stuntingnya tinggi.

“Insyaallah tahun depan Dinas Perikanan akan membantu dalam usaha menurunkan dan mengurangi angka stunting. Sekaligus mencegah terjadinya stunting,” seru Sugiyarto.

Dikatakannya, pemberian bantuan kolam kepada warga ini juga disertai dengan bibit ikan, pakan, serta tim pendamping. Dan memberikan pembinaan kepada warga yang masih belum mengerti tentang pembudidayaan ikan tawar.

“Target minimal adalah tercukupinya kebutuhan protein untuk masyarakat. Sehingga yang mau stunting gak jadi stunting, dengan adanya upaya pencegahan ini,” bebernya.

Sugiyarto menyampaikan, Dinas Perikanan juga mengupayakan untuk menebar benih ikan lokal di perairan umum Kabupaten Jember. Agar ekosistem perairan di Jember tidak rusak serta melestarikan ikan lokal.

“Tahun depan kita mengupayakan perairan umum. Kita tebar benih sekaligus kita memasang papan pelarangan. Jadi kita coba kembalikan habitat ekosistem alam di perairan itu kembali bagus, sehingga masyarakat bisa mencari ikan di sungai,” pungkasnya. (yas/rhd)


Baca juga: