Cegah Covid-19, Mahasiswa PMM UMM 53 Membagikan Caping Face Shield dan Masker Kepada Masyarakat Desa Sumbergondo

Anggi Ariansyah
Jurusan : Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Correspinding Author: anggi.ariansyah.700@gmail.com
DPL : Ilyas Nuryasin, S.Kom.,M.Kom.

Covid-19 merupakan pandemi yang dirasakan oleh seluruh dunia termasuk Indonesia, Pemerintahpun mengimbahu kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan sebab jumlah kasus yang terus meningkat setiap harinya. Beberapa provinsi wilayah di indonesia masih zona merah seperti di jawa timur.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) yang berada di desa sumbergondo, kota batu, provinsi jawa timur. oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kelompok 53 Gelombang 1 Tahun 2021 membuat Caping Face Shield dan membagikannya kepada masyarakat terkhusus petani di desa sumbergondo sebab mayoritas masyarakat setempat bekerja sebagai petani. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokal kesehatan walaupun disaat bertani sebagai alat pelindung diri dari paparan covid-19.

Ketua PMM Kelompok 53, Eryx Eryanto mengatakan, pembagian Caping  Face Shield gratis itu sebagai bentuk kepedulian sosial Mahasiswa UMM terhadap masyarakat luas. Sehingga, PMM hadir untuk melindungi masyarakat, tak terkecuali para petani yang kesehariannya beraktivitas ditengah lahan persawahan.

“Selain menyediakan Caping Face Shield, kami juga melakukan kegiatan pembagian masker beserta sosialisasi dan penyuluhan kesehatan terkait pencegahan virus Corona kepada masyarakat. Ini sesuai himbauan yang dikeluarkan pemerintah dan organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO),” katanya.

Eryx menambahkan, dalam hal kebersihan di lingkungan sekitar kita, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga pola hidup yang sehat dengan melakukan pembersihan lingkungan rumah kta sendiri secara rutin setiap harinya.

“Karena dalam pencegahan virus Corona bisa dimulai dari diri sendiri dan hal yang kecil,” tambahnya.

Baca juga:   Respon SE Walikota 13/2021, UB Pilih Aman Wisuda Daring

Sekretaris Kepalada Desa menyampaikan apresiasi terima kasih sebesar-besarnya kepada PMM Kelompok 53, sebab telah membantu mengingatkan dan melindungi petani serta masyarakat desa sumbergondo dari virus Corona, sehingga masyarakat, khususnya petani merasa aman tidak diliputi perasaan cemas dalam hal menjalankan aktivitas sehari-harinya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Mahasiwa UMM, yang telah membagikan Caping Face Shield dan masker gratis di desa sumbergondo. Tentu hal ini menjadi penting bagi kami dalam pencegahan virus Corona, sehingga masyarakat, khususnya petani merasa aman tidak diliputi perasaan cemas dalam hal menjalankan aktivitas sehari-harinya,” pungkasnya

Diketahui, selain membagikan ke masyarakat yang berprofesi petani, PMM Kelompok 53 juga membagikan masker dan sosialisasi dalam penyuluhan kesehatan kepada Ibu-Ibu yang mengikuti pengajian disalah satu rumah warga dan dimusholah setempat. Pembagian dilakukan dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

Adapun cara membuat Caping Face Shield yaitu kita sediakan bahan-bahan berupa Caping, Mika Plastik, Cat, Kuas, dan Lem. Selanjutnya langkah pertama kita lem pinggiran atas mika plastik lalu tempelkan di sisi dalam caping, Kemudian cat caping sesuai kreasi, Tunggu cat dan lem mengering dan Caping Face Shield selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *