Bupati Lamongan Komitmen dan Konsisten, Ciptakan Pemerintah Bersih

Lamongan, SERU.co.id – Komitmen dan konsistensi Bupati Lamongan dalam menciptakan pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa pada pemerintah Kabupaten Lamongan.

Hal itu ditunjukkan melalui Pencanangan Zona Integritas, Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja tahun 2021, serta Penyerahan Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah tahun 2020 di Ruang Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan. Kamis (4/2/2021).

Selain sebagai wujud nyata komitmen pemerintah dalam menciptakan pemerintahan yang bersih, pencanangan zona integritas ini juga bertujuan sebagai wujud komitmen antar pimpinan perangkat daerah untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi, dan kinerja aparatur.

Berbagai prestasi telah berhasil ditorehkan Kabupaten Lamongan, mulai dari predikat SAKIP A, Top 99 Kovablik tingkat nasional, Top 30 Kovablik tingkat Jatim, penyumbang 6 unit kinerja pelayanan yang memperoleh apresiasi KemenPAN-RB, termasuk peraih nilai tertinggi MCP se-Jatim dan peringkat ke-3 nasional.

Bupati Lamongan Komitmen dan Konsisten, Ciptakan Pemerintah Bersih

Pada kesempatan yang sama, selain menerima penghargaan Kapabilitas APIP level 3 dari Kepala Perwakilan BPK Jatim, Bupati Lamongan Fadeli juga menyerahkan penghargaan akuntabilitas kinerja perangkat daerah tahun 2020. Penghargaan ini diberikan kepada 65 perangkat daerah di Kabupaten Lamongan, dengan kategori BB sebanyak 5, A sebanyak 58, dan 2 perangkat daerah berkategori AA.

“Saya ingat 5 tahun yang lalu SAKIP kita masih C, 2020 Alhamdulillah sudah menjadi A. ini merupakan bentuk komitmen dan kerja keras kita semuanya. Saya berterimakasih pada Dinas Perikanan dan Kecamatan Lamongan yang sudah berkategori AA. Saya harap 2021, Lamongan sudah tidak ada lagi perangkat daerah kategori BB, minimal A,” ucap Fadeli.

Bupati Fadeli juga berpesan bahwa fondasi yang sudah baik ini agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya, sehingga Lamongan dapat menjadi barometer yang baik bagi Indonesia. “Komitmen dan konsistensi kita ini adalah modal untuk dilanjutkan kedepannya,” tambahnya.

Kepala Perwakilan BPK Jatim Alexander Rubi Setyoadi menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Lamongan dalam mendorong pencapaian indikator tata kelola pemerintahan dan sistem pengendalian intern yang memadai. Ia juga berharap agar pencapaian tata kelola ini mampu mendorong pelaksanaan Pimpinan Daerah yang efektif, efisien, akuntabel, transparan, dan benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lamongan.

Disamping itu, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jatim Hadi Wawan Guntoro berpesan agar berbagai prestasi yang telah ditorehkan Lamongan ini bias menjadi pemacu untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

“Saya yakin semua ini pasti buah dari kerja keras yang luar biasa, harapan saya ini bukan hanya formalitas tapi benar-benar bermanfaat dan dapat dirasakan manfaatnya oleh Kabupaten Lamongan. Semoga 2021 menjadi lebih baik,” tuturnya. (Fiq)