Bupati Jember Dorong Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan di Desa Lengkong

Jember, SERU.co.id – Serangan hama dan penyakit tanaman merupakan masalah yang kerap dihadapi para petani. Berangkat dari persoalan itu, para kelompok tani (Poktan) terus berinovasi dan mengembangkan obat pembasmi hama. Serta melaksanakan kegiatan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT).

Gerakan pengendalian OPT Poktan Bina Tani, Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember. Dihadiri langsung oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Kamis (14/10/2021).

“Dan hari ini kami (Pemkab), tepatnya ada di Desa Lengkong, sedang meramu bagian kreatifitas dan inovasi teman-teman kita para kelompok tani untuk membasmi hama,” seru Bupati Hendy.

Bupati berharap, hasil kreativitas kelompok tani Desa Lengkong ini, bisa terus dikembangkan dan dibagikan ke kelompok tani di seluruh Jember. Agar hasil panen para petani di Jember menjadi bagus dan tidak gagal panen lagi.

“Kami berharap, temuan ini bisa dikembangkan dan dibagikan kepada poktan-poktan yang ada di Kabupaten Jember,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Bina Tani Desa Lengkong, Supardi mengatakan, pihaknya senang dengan kedatangan Bupati. Dalam acara kegiatan pengendalian OPT yang diadakan Desa Lengkong.

“Alhamdulillah Bapak Bupati memikirkan nasib para petani sampai beliau ikut menyemprot tanaman padi. Mudah-mudahan Bupati bisa lebih memperhatikan nasib petani,” kata Supardi.

Pelaksanaan pengendalian (OPT) serta budidaya tanaman padi yang baik ini, diharapkan dapat memberikan hasil panen yang melimpah. Dan memberikan keuntungan untuk para petani di Kabupaten Jember. (yas/rhd)


Baca juga: