Bunda Fey Beri Edukasi Pemenuhan Gizi pada Balita

Serahkan Bantuan PMT ASN Berbagi dari DKPP

Kediri, SERU.co.id – Ketua TP PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada Balita. Bantuan PMT merupakan kegiatan ASN Berbagi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri. Ada lima titik pemberian bantuan yakni Kelurahan Singonegaran, Kelurahan Banaran, Kelurahan Betet, Kelurahan Bawang, dan Kelurahan Ngletih, Senin (22/11/2021).

Bantuan PMT ini difokuskan kepada Balita yang memiliki berat badan di bawah garis merah. Paket bantuan yang diberikan berupa Sembako dan bahan makanan yang dapat menunjang pemenuhan gizi balita. Diharapkan dengan bantuan PMT kebutuhan gizi balita dapat terpenuhi.

“ASN Berbagi ini dari DKPP Kota Kediri. Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini kebutuhan gizinya bisa terintervensi dan bisa naik lagi ke garis zona hijau. Total ada 24 balita yang dibantu tetapi untuk hari ini simbolis kepada lima Balita,” ujar wanita yang akrab disapa Bunda Fey ini.

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang didampingi Kepala DKPP Kota Kediri Mohammad Ridwan dan tim dari Dinas Kesehatan Kota Kediri ini juga memberikan edukasi kepada orang tua. Edukasi ini menekanan agar orang tua memberikan makanan beragam dan bergizi seimbang pada anak. Pemberian gizi yang cukup pada anak di masa emas yaitu dari bayi hingga usia lima tahun merupakan hal yang penting. Pasalnya, pemenuhan gizi menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada kecerdasan dan juga perilaku. Di masa balita, pemenuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang sangat penting dilakukan. Jika tidak, pertumbuhan atau perkembangan anak akan terhambat.

Bunda Fey selalu mengingatkan kepada ibu-ibu untuk memberikan makanan beragam bergizi seimbang. Susu ini tidak boleh menggantikan makan. Kalau sudah minum susu terlalu banyak nafsu makan anak berkurang.

“Itu membuat makanan pokoknya tergeser. Nah itu titik awalnya berat badan jadi turun. Banyak sekali anak yang ibunya tidak paham kalau sudah minum susu tidak perlu makanan lain. Kalau Padahal itu salah,” jelasnya.

Sementara itu, Merry Kristina salah satu orang tua yang mendapat bantuan PMT mengatakan, edukasi ini sangat bermanfaat. Dirinya mendapatkan pengetahuan lebih tentang asupan nutrisi apa saja yang harus diberikan untuk membantu tumbuh kembang anaknya.

“Senang sekali karena langsung diedukasi oleh Bu Wali bersama tim. Tadi saya diberi pesan untuk memberikan makanan yang beragam dan bergizi seimbang. Pemberian nasi, sayur, dan buah harus bervariasi agar anak tidak bosan. Paket PMT dan edukasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi saya,” ujarnya. (mid/im/mzm)


Baca juga: