BPBD Batu Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana

Tingkatkan Mitigasi Bencana

Batu, SERU.co.id – Indeks bencana yang tercatat pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu pada tahun 2021 sebesar 98. Angka ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai angka lebih dari 100. Namun penurunan indeks bencana ini justru berbanding terbalik dengan total kasus kejadian bencana yang tercatat oleh BPBD Batu.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengungkapkan, sejak 2018 kejadian bencana di Kota Batu ada 98 kejadian. Namun hingga akhir 2021 lalu, kejadian bencana angkanya menjadi 152.
Setelah ditelusuri, BPBD Kota Batu menemukan indeks ketahanan daerah tentang inovasi pendidikan mitigasi bencana masih di angka 63 persen.

“Hasil itu sangat rendah, makanya indeks turun tapi kejadian naik. Setelah itu kami buat inovasi dan terobosan untuk menggelar sosialisasi di satuan pendidikan yang aman dan menyenangkan,” seru Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu

Agung, sapaan akrabnya menjelaskan, pihaknya menargetkan tingkat pemahaman mitigasi bencana dari para siswa dan pendidik di Kota Batu bisa semakin meningkat. Dikarenakan, faktor utama penyebab terjadinya bencana adalah manusia. Maka pengajaran yang dikemas dalam bentuk sosialisasi akan sangat tepat dilakukan.

“Untuk kegiatan sosialisasi ini kami melayani permintaan langsung dari sekolah. Dan juga sudah menjadi agenda rutin kami,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala SMPK Widyatama, FX Suprih Utami menuturkan, pihaknya mendapatkan sosialisasi mitigasi bencana dari BPBD Batu. Secara kebetulan, lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu, mengikuti kegiatan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022. Sosialisasi tersebut diberikan kepada siswa siswi kelas tujuh dan delapan.

“Karena hal ini merupakan kegiatan yang positif dan menambah ilmu, maka kami sangat mendukung,” pungkasnya. (dik/mzm)


Baca juga: