BI Optimis Jaga Stabilitas Harga

Malang, SERU.co.id – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juni 2022 mengalami inflasi sebesar 0,61% (mtm), 3,95% (ytd). Dengan kondisi tersebut, Bank Indonesia (BI) Malang akan tetap konsisten menjaga stabilitas harga.

Hal tersebut disampaikan secara tertulis oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Malang, Cicilia Melly, AH. Dirinya mengatakan, dalam menjaga stabilitas harga di Kota Malang pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintahan.

“Dengan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna menjaga inflasi berada dalam kisaran sasaran 3,0±1% pada 2022,” seru Cicilia.

Seperti diketahui, perkembangan inflasi Juni 2022 dipengaruhi oleh peningkatan inflasi di beberapa kelompok pengeluaran. Dia mengungkapkan, terdapat tiga kelompok pengeluaran penyumbang inflasi terbesar di Kota Malang.

“Yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan andil 0,43%, transportasi dengan andil 0,11%, dan perumahan, air listrik, dan bahan bakar lainnya dengan andil 0,06%,” imbuhnya.

Selanjutnya, untuk andil kelompok lainnya, menurutnya masih terpantau stabil. Sementara itu, Cicilia mengatakan, terdapat beberapa kelompok pengeluaran pada bulan tersebut mengalami penurunan harga.

“Kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah perawatan pribadi dan jasa lainnya (-0,09), rekreasi, olahraga, dan budaya (-0,15). Selanjutnya, informasi, komunikasi, dan jasa keuangan (-0,04), kesehatan (-0,01), dan pakaian dan alas kaki (-0,03),” terang Deputi Kepala Perwakilan BI tersebut.

Sorry, you cant copy SERU.co.id!