Berikan Penghargaan Tertinggi

Nama Diego Maradona Bakal Disematkan di Stadion San Paolo

Napoli, SERU.co.id – Meninggalnya Diego Armando Maradona tidak hanya membuat sedih masyarakat Argentina. Kota Naples yang merupakan rumah klub SSC Napoli pun demikian. Mereka bahkan sudah menyiapkan penghargaan tertinggi bagi Sang Legenda, yaitu mengganti nama Stadion San Paolo dengan membubuhkan nama Maradona setelahnya.

Kabar pertama kali disebutkan oleh pewarta Sky Sports, Fabrizio Romano, melalui akun Twitter-nya. Selang satu jam, berita resmi diunggah pihak Klub di situs utama mereka. Surat tersebut tertanda Aurelio de Laurentiis selaku Presiden Klub.

Napoli memang layak berterimakasih kepada Maradona. Sejak didatangkan dari Barcelona pada 1984, ia membawa perubahan besar di dalam tubuh tim yang bermarkas di Stadion San Paolo itu.

Puncaknya terjadi pada tahun 1987 saat Napoli pertama kalinya dalam sejarah mengangkat trofi juara Serie A Liga Italia. Prestasi itu diulang lagi tiga tahun kemudian. Sayangnya, Napoli belum mampu mengulanginya lagi semenjak Maradona hengkang pada 1991 hingga sekarang.

Satu piala Liga Europa dan Super Coppa Italia pun didapatkan. Prestasi mentereng tersebut memberi suntikan dana cukup besar bagi pengembangan kekuatan finansial klub. Kini, Napoli jadi salah satu tim kuda hitam di Serie A. Padahal di era sebelum itu, mereka langganan naik-turun tahta ke Serie B.

Berikut kutipan pernyataan De Laurentiis dalam rilis pers yang diterbitkan di situs resmi klub. “Anda meninggalkan kami dengan bukti besar tentang apa artinya menjadi pria yang rapuh, kuat, dan cinta mutlak bagi kehidupan. Seorang juara yang unik dan tak ada bandingannya. Kelemahan, ketidaksempurnaan, dan kesalahan Anda sejalan dengan kebesaran yang luar biasa. Tidak ada yang sebanding dengan status legenda Anda.”

Baca juga:   Arema FC Harapkan Liga 1 Bergulir pada Kapolri Baru

“Saya percaya keputusan ini tepat untuk menamai San Paolo dengan nama Anda. Terima kasih, Diego. Anda ada dan akan selalu bersama kita semua.”

Ada beberapa bakal nama baru yang mencuat. Mulai “Diego Armando Maradona Stadium”, “San Paolo-Diego Maradona Stadium”, hingga “San Paolo-Maradona Stadium. Manajemen akan mengabarkan lebih lanjut mana yang akan dipilih.

Sembari menanti keputusan itu, penduduk Kota Naples masih dikabarkan berduka. Pemberian penghormatan ke pahlawan sepakbola mereka yang baru saja wafat akibat serangan jantung belum juga usai. Sejumlah media lokal menyoroti pernak-pernik berbau Maradona dapat ditemui di sudut-sudut Kota. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *