Begini Tanggapan Penghulu Viral Terkait Pesan Unik Kepada Pengantin

Malang, SERU.co.id – Siapa sangka unggahan  akun TikTok @antzcreator dengan konten penghulu memberikan pertanyaan unik kepada mempelai membuat viral di media sosial. Tak dinyana penghulu tersebut berdomisili di Kota Malang.

Penghulu sekaligus Ketua Kantor Urusan Agama (KUA) Lowokwaru, Kota Malang, KH M Anas Fauzie An Nachrowi mengatakan, keviralannya di media sosial adalah titipan.

“Mudah-mudahan manfaat, barakallah ilmu dari Gusti Allah. Dan kebetulan ini dititipkan oleh Allah, nanti akan dititipkan ke teman-teman yang lain,” seru KH M Anas Fauzie An Nahcrowi, ditemui SERU.co.id di kediamannya Sawojajar Kota Malang Minggu (29/8/202).

Menurutnya, namanya orang baru masih belajar, pertama mengenal syarat rukun dan lainnya. Sama halnya pasangan pengantin, perlu literasi dalam menjalani kehidupan berumahtangga. Termasuk dirinya mampu mengembangkan diri,  hingga dipercaya negara untuk jadi penghulu dan dilantik tugas tambahan jadi Kepala KUA.

“Akhirnya inovatif lah kita melayani masyarakat, salah satunya dengan materi dakwah,” beber Kiai Anas, sapaan akrabnya.

Dikatakannya, misi intermezo pertanyaan-pertanyaan tak terduga, berangkat dari ingin membuat suasana menikah lebih cair, tetapi tidak mengurangi rasa khidmat. Dan mengantarkan literasi keilmuan melalui media pernikahan yang sistematis pada ceramah tidak panjang. 

Terkait pengalaman paling sering ditemui, Kiai Anas mengatakan, banyak pengantin yang opo jare (terserah atau apa kata, red). Ketika ditanya jawabannya singkat iya dan tidak. Semisal ditanya sudah siap menikah, dijawab iya. 

“Sayang istri? Iya. Kepingin punya anak? Iya,” beber alumnus Pondok Pesantren Gontor ini.

Menurutnya, persiapan dalam menikah tidak terlalu banyak. Dengan memperkaya ilmu nikah, menuntut ilmu, dekat dengan ulama, dan kerja. Selain itu, menyiapkan maskawin yang disukai istri juga harus diperhatikan.

“Nomor satu istri senang dengan maskawin, maka beri maskawin yang menyenangkan. Yang paling tidak disenangi istri, mas kawin lagi,” ujarnya dengan tawa khas beliau.

Beberapa pesan bagi calon pengantin, Kiai Anas mengatakan, orang-orang terdahulu sebelum menikah melakukan salat malam, dzikir, ataupun tirakat.

“Yuk kembali seperti itu. Supaya mengantarkan rumah tangga kita adem ayem. Betul-betul sakinah karena diawali dengan tirakat. Tidak diawali dengan pergaulan bebas, hal-hal yang sifatnya hura-hura senang-senang,” imbuhnya.

Kiai Anas ditemui di kediamannya di Sawojajar Kota Malang. (jaz) - Begini Tanggapan Penghulu Viral Terkait Pesan Unik Kepada Pengantin
kiai anas ditemui di kediamannya di sawojajar kota malang

Ditambahkannya, tidak lupa perkaya wacana syarat rukun, perkaya wacana nikah, serta berhati-hati dalam setiap tindakan-ucapan. Karena jika salah kata, bisa jadi akan jatuh talak kepada sang istri yang akan merugikan kedua belah pihak.

“Juga tentang hal-hal yang membatalkan nikah, seperti kata talak dan lain-lain harus hati-hati,” beber kiai pengasuh Pondok Pesantren Ar Rozzaq, Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Pesan terakhir bagi pasangan suami istri hendaknya suka berbagi senang kepada ibu dan bapak. Baik masing-masing secara bersama, bapak-ibu suami, bapak-ibu istri, disenangkan secara bersama-sama.

“Senangnya ibu senangnya rumah tangga,” pungkas lulusan IAIN Sunan Ampel Malang tahun 1995 ini.

Diketahui sebelumnya, akun TikTok @antzcreator mengunggah video seorang penghulu yang menanyakan kepada calon pengantin dengan hal tidak terduga. Sontak mempelai wanita merasa grogi dan canggung. Namun suasana menjadi cair, tidak tegang karena arah pertanyaan masuk akal dan lucu. Hingga saat ini video tersebut sudah ditonton enam juta dengan komentar ribuan. (jaz/rhd)


Baca juga: