Begini Syarat KIP Kuliah 2021

Jakarta, SERU.co.id – Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2021 telah dimulai pada 8 Februari hingga 31 Oktober 2021. Program ini bertujuan untuk mendorong pendidikan yang berkualitas bagi para mahasiswa.

“KIP sudah mengalami transformasi luar biasa. Bisa dirasakan di berbagai macam daerah, dan di tahun 2020 penerimaan KIP sudah jauh lebih baik. Tahun 2021, kita lanjutkan,” seru Mendikbud Nadiem Makarim beberapa waktu lalu.

Mahasiswa penerima KIP nantinya akan mendapatkan tiga manfaat. Pertama, pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi Ujian Tulis Berbasis Komputer (ITBK) dan seleksi lain yang diusulkan oleh tiap perguruan tinggi. Hal ini berlaku bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Manfaat kedua, mahasiswa akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah, yang mana biaya tersebut akan dibayarkan langsung kepada pihak perguruan tinggi. Terakhir, mahasiswa penerima akan mendapatkan bantuan hidup sebesar Rp 700 ribu per bulan.

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, adapun syarat mendaftar KIP kuliah adalah:

  • Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera;
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah ini telah dimulai untuk pendaftaran akun siswa KIP Kuliah mulai 8 Februari hingga 31 Oktober 2021. Sedangkan untuk KIP Kuliah SNMPTN mulai 14 hingga 23 Februari 2021, dan 12 Februari hingga 18 Maret 2021 untuk SNMPN. Jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. (hma/rhd)