Bank Syariah Indonesia Tunjuk Komisaris Baru, Ada Tuan Guru Bajang

Jakarta, SERU.co.id – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) memutuskan perubahan susunan dewan komisaris. Salah satu yang terpilih adalah mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang, sebagai Wakil Komisaris Utama.

Posisi Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen dijabat oleh Adiwarman Azwar Karim. Sedangkan anggota komisaris yang lainnya adalah Suyanto, Masduki Baidlowi, Imam Budi Sarjito, Sutanto. Untuk jabatan komisaris independen, dijabat oleh Bangun Sarwito Kusmulyono, M. Arief Rosyid Hasan, Komaruddin Hidayat.

“Selamat Kepada Bang Adiwarman sebagai komisaris utama, seorang pakar, akademisi, serta praktisi yang akan mengangkat ekonomi syariah Indonesia ke arah yang unggul di mata dunia” kata Chairman Rabu Hijrah Phirman Rezha, Selasa (23/8/2021).

Adiwarman merupakan akademisi dan praktisi ekonomi syariah. Ia pernah menjadi anggota Dewan Syariah Nasional MUI dan menjadi dewan pengawas sejumlah lembaga perbankan syariah. Adiwarman juga menjadi pakar syariah yang mendirikan Karim Institute.

Sementara, Wakil Komisaris Utama Tuan Guru Bajang merupakan mantan Gubernur NTB selama dua periode yakni 2008-2013 dan 2013-2018. Ia merupakan Ketua Umum Dewan Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW). Nama Tuan Guru Bajang sempat disebut sebagai salah satu kandidat calon wakil presiden dalam pemilu 2019 lalu.

“Sementara TGB kemampuan beliau memimpin NTB selama 2 periode adalah bekal yang luar biasa, menjadi pemimpin provinsi yang mengkonversi Bank NTB menjadi Bank NTB Syariah, tak lupa petuah mereka pada kami pengurus Rabu Hijrah dari seorang Pembina yang selalu mengutamakan pengembangan ekonomi dan penguatan syariah di masyarakat,” jelas Rabu. (hma/rhd)


Baca juga: