Bangkitkan Ekonomi Warga Sekitar, Pemdes Jubung Budidaya Ikan Air Tawar

Jember, SERU.co.id – Kepala Desa (Kades) Jubung Bhisma Perdana bersama warga melakukan panen budidaya ikan tawar kedua kalinya. Yakni di kolam penampungan yang terletak di Dusun Jubung Lor (utara), Rabu (1/12/2021).

Kades Jubung mengatakan, pembudidayaan ikan tawar program Pemerintah Desa (Pemdes) untuk pemenuhan protein bagi masyarakat sekitar dalam mencegah stunting. Serta sebagai nilai tambah bagi perekonomian masyarakat sekitar.

“Ya ini panen kedua dari kolam perikanan air tawar milik desa. Kelompok-kelompok yang kita bangun ada kelompok pemuda, kelompok masyarakat termasuk kelompok keluarga miskin,” seru Kades Bhisma.

Menurut Kades Jubung ini, Pemdes melihat potensi sumber air yang melimpah di Desa Jubung. Dan memanfaatkannya untuk pembudidayaan ikan air tawar, baik ikan konsumsi maupun ikan hias.

“Sumber airnya yang berlebih, kita manfaatkan sebagai program pembudidayaan ikan air tawar. Tentunya dengan melibatkan seluruh masyarakat,” bebernya.

Bhisma berharap, pembudidayaan ikan tawar di Desa Jubung ini bisa membuat masyarakat sekitar lebih kreatif. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

“Harapannya masyarakat lebih kreatif dengan sumber daya alam yang ada, sehingga tidak merusak ekosistem,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Pemuda, Febri menyampaikan, adanya pembudidayaan ini sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar. Serta membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda yang pengangguran.

“Alhamdulillah adanya program pembudidayaan air tawar ini masyarakat semakin terbantu. Serta sebagai pencegahan stunting dan membantu pemuda-pemuda yang pengangguran,” pungkasnya.

Pemerintah Desa (Pemdes) Jubung membangun 18 kolam penampungan ikan air tawar. Dengan beragam jenis ikan yang bervariasi, mulai dari koi, nila, dan patin. (yas/rhd)


Baca juga: