BAC 2022: Pramudya/Yeremia Raih Emas, Jonatan Christie Perak

Jakarta, SERU.co.id – Kabar bahagia bagi Indonesia setelah dua perwakilannya berhasil meraih podium di final Badminton Asia Championship (BAC) 2022 di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina. Ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan berhasil meraih gelar juara Asia usai menaklukkan unggulan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Minggu (1/5/2022) sore waktu Indonesia.

Pertandingan berlangsung ketat sejak babak awal. Skor saling mengejar pun tidak bisa dielakkan. Meski sempat tertinggal di poin awal, Pramudya/Yeremia berhasil menyusul hingga menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan Indonesia 23-21.

Pada babak kedua, Pramudya/Yeremia terus meraih poin saat ganda Malaysia seperti kehilangan fokus. Mereka bahkan unggul 11-6 pada interval babak kedua. Laga berakhir dengan 21-10 dan memastikan Pramudya/Yeremia menjadi juara di benua Asia.

Sementara itu, tunggal putra Indonesia Jonatan Cristie juga berhasil meraih medali perak saat kalah melawan tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia di babak final. Jojo, panggilan akrabnya, harus mengakui keunggulan Zii Jia dengan skor 21-17 di babak pertama.

Jojo juga tak mampu mengejar Zii Jia meski sempat unggul di poin awal. Akhir laga berakhir dengan skor ketat 23-21.

Tunggal putra Jonatan Christie. (ist) - BAC 2022: Pramudya/Yeremia Raih Emas, Jonatan Christie Perak
Tunggal putra Jonatan Christie. (ist)

Selain itu, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga berhasil meraih perunggu setelah langkahnya terhenti di babak semifinal. Tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo juga membawa pulang medali perunggu usai kalah dari rekan senegaranya, Jojo, di partai semifinal. Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva juga mendapatkan perunggu setelah berhasil melangkah ke semifinal namun berakhir mengundurkan diri karena cedera yang dialami Praveen. (hma/rhd)


Baca juga: