Awal Tahun 2021, Wali Kota Malang Lantik 31 Pejabat Baru

Malang, SERU.co.id – Walikota Malang Sutiaji mutasi 31 pejabat di lingkungan Pemkot Malang, mulai dari pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, dan jabatan pengawas, di Ruang Sidang Balaikota Malang, Senin (8/2/2021).

Sutiaji mengatakan, waktu lelang kinerja disepakati yang memindahkan bukan Walikota. Namun mereka sendiri karena kinerjanya. Sehingga ketika ada perpindahan adalah hal biasa, hanya saja mekanismenya harus lapor ke KSN

“Mutasi kali ini bukan karena kinerjanya yang jelek, namun kami memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan untuk Pemkot Malang. Sehingga kinerjanya diperlukan untuk mengembangkan tempat yang lain,” ungkap Sutiaji, di Ruang Rapat Balaikota.

Sutiaji menambahkan, untuk Perangkat Daerah yang masih kosong tidak bisa langsung diisi, namun membutuhkan proses yang panjang. Akan ada panitia seleksi (pansel) untuk jabatan yang masih kosong di lingkungan Pemkot Malang.

“Kalau dulu hari ini kosong, maka besok bisa segera diisi. Namun sekarang untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama prosesnya panjang, harus ada assesment. Lihat di website, yang kosong itu yang akan dilelang dan diumumkan. Hari ini panselnya mau rapat,” papar politisi partai berlambang bintang bersinar.

Bersama pejabat yang dilantik. (ist) - Awal Tahun 2021, Wali Kota Malang Lantik 31 Pejabat Baru
Bersama pejabat yang dilantik. (ist)

Sedangkan untuk pengisian posisi Sekretaris Daerah (Sekda) akan memilih beberapa pansel dan akan segera diisi.

“Secepat mungkin, tapi tidak mungkin Pak Wasto lagi. Karena Februari akhir selesai, harus langsung terisi. Waktunya maksimal hanya 3 bulan. Kita usahakan cari orang yang netral, kita punya PR besar. Pak Sekda punya PR, seperti pasar besar dan seterusnya,” tandasnya.

Sebagai informasi, 31 pejabat yang dilantik, di antaranya Sekretaris DPRD Kota Malang, Drs. Mulyono, MSi, menempati jabatan baru Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sri Winarni, SH, saat ini menjabat Asisten Administrasi Umum. Sedangkan Drs Nuzul Nurcahyono, menempati Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kota Malang.

Zulkifli Amrizal, SSos MSi sebagai Sekretaris DPRD Kota Malang dan Dra Rinawati, MM menggantikan Zulkifli sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangpol) Kota Malang. Sementara Dinas Lingkungan Hidup yang semula diisi oleh Rinawati, digantikan oleh Drs Wahyu Setianto MM.

Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah dijabat oleh Ir Sapto Prapto Santoso, MSi. Jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang semula kosong, diisi oleh Suwarjana SE MM.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah, dijabat oleh DR Handi Priyanto AP MSi dan Ir Ade Herawanto MT menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang.

Tampak hadir dalam pelantikan, di antaranya Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto, Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, Wakil Ketua I TP PKK Kota Malang, Elly Sofyan Edi dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Malang, Endang Wasto. (ws1/rhd)