Aliansi Pecinta NKRI Desak Polri Proses Hukum Penendang Sesajen Di Lereng Gunung Semeru

Banyuwangi, SERU.co.id – Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mengatasnamakan Aliansi Pecinta NKRI mendatangi Polresta Banyuwangi, menyampaikan pernyataan sikap atas pelecehan dan penghinaan Budaya Bangsa yang dilakukan oleh oknum relawan Bencana Alam Semeru Kabupaten Lumajang, dan viral di media sosial Facebook.

Tujuh aktivis dari lima LSM, yakni LSM Rejowangi, LSM Gempur, LSM LPPNRI, LSM Gebrak dan LSM FBB ditemui langsung oleh Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nasrun Pasaribu, Kamis (13/1/2022) siang.

Koordinator Aliansi Pecinta NKRI, HM. Eko Soekartono dihadapan Kombes Pol Nasrun Pasaribu menyampaikan 5 pernyataan sikap, pertama, mendukung langkah tegas Polri untuk menindak dan memproses secara hukum pelaku penendang dan pembuang sesajen di lereng gunung Semeru Lumajang. Kedua, tindakan menendang dan membuang sesajen yang dilakukan oleh oknum relawan bencana Semeru adalah bentuk penghinaan dan pelecehan terhadap budaya bangsa Indonesia.

Lanjut Eko Soekartono pernyataan sikap yang ketiga, mendukung langkah tegas TNI-POLRI dalam rangka menindak kelompok-kelompok radikal dan intoleran yang cenderung memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Empat, sambung Mbah Eko sapaan akrab Eko Soekartono mendukung langkah tegas Densus 88 anti teror Polri dalam rangka memberantas terorisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pernyataan sikap kelima, kami mendukung sinergitas TNI-POLRI dalam rangka penegakan hukum dan menjaga keamanan demi tercapainya keutuhan NKRI,” tegas politikus gaek kelahiran Kabupaten Jember itu.

Mbah Eko mengungkapkan dugaan pelecehan yang dilakukan oleh relawan bencana Semeru dan viral di media sosial Facebook itu harus diproses secara hukum, agar tidak terjadi lagi di bumi Pertiwi ini.

“Kami atas nama masyarakat Banyuwangi, sangat mendukung langkah Polri untuk menindak kelompok-kelompok radikal yang cenderung memecah belah persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Sementara, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nasrun Pasaribu mengaku sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Aliansi Pecinta NKRI.

“Saya sangat mengapresiasi pernyataan sikap ini,” kata Kombes Pol Nasrun Pasaribu. (ant)


Baca juga: