Alfamart – Kader Lingkungan Kota Malang Tanam 50 Pohon di Arjowinangun

Malang, SERU.co.id – Program Alfamart Clean And Green (pelestarian ingkungan) kembali bergulir dengan menggandeng Kader Lingkungan Kota Malang. Kali ini menyasar wilayah Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Rabu (18/8/2021), dengan penanaman 50 pohon. Menyusul wilayah sebelumnya Lowokwaru 100 pohon dan Sukun 100 pohon.

PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) meluncurkan program Clean And Green, serentak di 12 kota sejak bulan April lalu, bertepatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) nasional. Target tahun ini menanam 15 ribu pohon secara nasional di 32 cabang Alfamart yang tersebar di kota dan kabupaten secara nasional.

“Hari ini, kita tanam 50 pohon di Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Bekerjasama dengan Perkumpulan Kader Lingkungan Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang,” jelas Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Mochammad Faruq Asrori, di sela penanaman di Kantor Kelurahan Arjowinangun, Kedungkandang, Rabu (18/8/2021).

Disebutkannya, Alfamart tidak akan sekali berbuat baik, tapi akan berulang kali. Dimana Alfamart memiliki 6 (enam) pilar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Yakni Alfamart SMEs (pengembangan UMKM), Alfamart Sport (olahraga), Alfamart Smart (pendididikan), Alfamart Care (kegiatan sosial), Alfamart Clean And Green (pelestarian ingkungan) dan Alfamart Vaganza (kebudayaan).

“Kegiatan bertajuk Alfamart Green ini masuk kategori clean dan green. Sebelumnya Lowokwaru 100 pohon dan Sukun 100 pohon, serta hari ini Arjowinangun, Kedungkandang 50 pohon. Selanjutnya di Kecamatan Blimbing,” imbuh Faruq.

Acara dihadiri oleh Pembina Kader Lingkungan Hidup Kota Malang Drs Wasto, SH, MH, Lurah Arjowinangun Andi Hamzah, dan beberapa perwakilan kader lingkungan hidup kelurahan serta perwakilan Alfamart.

“Sesuai dengan gateway yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK), satu pohon untuk kehidupan dua orang. Dengan spirit tersebut, jumlah pohon harus separuh dari jumlah penduduk di Kota Malang. Sensus pohon dari DLH akan menjadi dasar Kader Lingkungan untuk memenuhi proporsi tersebut di tiap wilayahnya,” urai Wasto, mantan Sekda Kota Malang ini.

Penyerahan secara simbolis pohon yang akan ditanam di Kelurahan Arjowinangun. (rhd) - Alfamart - Kader Lingkungan Kota Malang Tanam 50 Pohon di Arjowinangun
Penyerahan secara simbolis pohon yang akan ditanam di Kelurahan Arjowinangun. (rhd)

Disebutkan pria yang pernah menjabat Kadis Pertamanan dan Lingkungan Hidup ini, berdasarkan data tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Alfamart untuk memenuhi kebutuhan pohon sesuai wilayah. Serta luasan lahan yang dibutuhkan berbanding lahan tersedia, akan bekerjasama langsung dengan Pemkot Malang.

“Ini ada pohon mangga, rambutan, kelengkeng, blimbing, dan lainnya. Harapannya selain sebagai penyerap polusi, juga berfungsi sebagai sumber pangan dan vitamin masyarakat. Kader lingkungan, perangkat RT/RW dan kelurahan yang bertanggungjawab dan memantau pertumbuhannya,” tandasnya.

Wasto juga berharap, perusahaan swasta maupun BUMN lainnya bisa mengikuti jejak Alfamart untuk sama-sama peduli pada lingkungan hidup.

“Pohon dari Alfamart ini akan ditanam di RW 2, 3, 7, dan 8. Karena wilayahnya luas dan space jalan minim, sehingga cocok untuk tanaman produktif,” jelas Lurah Arjowinangun, Andi Hamzah. (rhd)


Baca juga: