Alfamart Gandeng Kader Lingkungan Kota Malang Tanam Ratusan Pohon di Lowokwaru

Malang, SERU.co.id – Meski Kota Malang berada di wilayah dataran tinggi dan sempat terkenal sebagai kota dingin. Namun seiring waktu, akibat pemanasan global, Malang tak sedingin dulu. Tentunya perlu upaya pencegahan lebih parah, dan bentuk nyata dalam menjaga lingkungan hidup.

Menyadari hal ini, PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) meluncurkan program Alfamart Clean And Green (pelestarian ingkungan). Program ini dimulai serentak di 12 kota sejak bulan April lalu, bertepatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) nasional. Target tahun ini menanam 15 ribu pohon secara nasional di 32 cabang Alfamart yang tersebar di kota dan kabupaten secara nasional.

“Hari ini, kita tanam 100 pohon di kelurahan-kelurahan se-Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Bekerjasama dengan Perkumpulan Kader Lingkungan Kecamatan Lowokwaru Kota Malang,” jelas Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Mochammad Faruq Asrori, di sela penanaman di Kantor Kecamatan Lowokwaru, Jumat (18/6/2021).

Penyerahan secara simbolis pohon yang akan ditanam. (rhd) - Alfamart Gandeng Kader Lingkungan Kota Malang Tanam Ratusan Pohon di Lowokwaru
Penyerahan secara simbolis pohon yang akan ditanam. (rhd)

Disebutkannya, Alfamart tidak akan sekali berbuat baik, tapi akan berulang kali. Dimana Alfamart memiliki 6 (enam) pilar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Yakni Alfamart SMEs (pengembangan UMKM), Alfamart Sport (olahraga), Alfamart Smart (pendididikan), Alfamart Care (kegiatan sosial), Alfamart Clean And Green (pelestarian ingkungan) dan Alfamart Vaganza (kebudayaan).

“Kegiatan bertajuk Alfamart Green ini masuk kategori clean dan green. Setelah di Kecamatan Lowokwaru ini, nantinya Alfamart akan melakukan hal serupa di Kecamatan Sukun, Kota Malang, pada pekan mendatang,” imbuh Faruq.

Beberapa daerah telah menerima ratusan hingga ribuan bibit pohon dan tanaman buah. Seperti 200 bibit cemara di pesisir Pulau Tirang Semarang, 100 bibit pohon di Taman Raflesi Bandung, Kampus Untan Pontianak, jalan lingkar luar tol Makassar, Bantaran Kali Cidepit Bogor, Kampung Gagot Banjarnegara, Universitas Surya Kencana Cianjur, Sungai Cisadane Tangerang, Desa Muara Corebon, dan TPA Benowo Surabaya.

Baca juga:   Sabar, Sebentar Lagi KTP Non Malang Bisa Vaksinasi

“Untuk bulan Mei ini, Alfamart melakukan penananaman 500 bibit mangrove, di Ekowisata Lantebung Makassar, Kamis (17/6/2021). Setelah itu, Kecamatan Lowokwaru dan Sukun, Kota Malang. Akhir bulan Juni ini, Alfamart akan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulungagung,” tandas mantan wartawan Jawa Pos ini.

Kader Lingkungan Kota Malang, Camat Lowokwaru bersama tim Alfamart. (rhd) - Alfamart Gandeng Kader Lingkungan Kota Malang Tanam Ratusan Pohon di Lowokwaru
Kader Lingkungan Kota Malang, Camat Lowokwaru bersama tim Alfamart. (rhd)

Dikemas dalam “Silahturahmi dan Pemuliaan Tanaman oleh Kader Lingkungan Kecamatan Lowokwaru.” Acara dihadiri oleh Pembina Kader Lingkungan Hidup Kota Malang Drs Wasto, SH, MH, Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes De Calvarho, SIP, dan beberapa perwakilan kader lingkungan hidup kelurahan serta perwakilan Alfamart.

“Pertumbuhan penduduk Kota Malang ini semakin banyak, sehingga lahan hijau berkurang berganti pemukiman. Maka peran Kader Lingkungan untuk menginisiasi dan memberikan contoh warga setempat. Dengan memanfaatkan lahan sempit maupun lahan kosong menjadi area hijau,” tutur Pembina Kader Lingkungan Hidup Kota Malang Drs Wasto, SH, MH.

Mantan Sekda Kota Malang ini mengapresiasi bentuk dukungan dan dedikasi Alfamart terhadap lingkungan hidup melalui penanaman pohon dan bibit buah. Pihaknya berharap, perusahaan swasta maupun BUMN lainnya bisa mengikuti jejak Alfamart untuk sama-sama peduli pada lingkungan hidup.

“Kegiatan positif seperti ini seyogyanya sesering mungkin dilakukan. Tahun ini, Alfamart telah mempeloporinya, dan berharap perusahaan lainnya turut peduli lingkungan dengan kegiatan serupa atau lainnya. Agar Kota Malang akan semakin hijau dan segar udaranya, serta tetap terjaga demi anak cucu kita nantinya,” tandas Wasto, diamini Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes De Calvarho, SIP. (rhd)


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *