Aceh Barat kembangkan wisata kuliner serba olahan ikan

Meulaboh, SERU.co.id – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kini mulai mengembangkan wisata kuliner serba olahan ikan guna meningkatkan kesehatan masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan internasional di daerah itu.

“Pengembangan wisata kuliner serba ikan ini sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan konsumsi ikan bagi seluruh masyarakat di Indonesia,” kata Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Keistimewaan Aceh, Kabupaten Aceh Barat, Marhaban kepada Antara, Selasa di Meulaboh.

Guna mewujudkan program tersebut, pemerintah daerah setempat kini mulai melakukan berbagai macam inovasi di antaranya menggelar kegiatan lomba masak serba ikan yang digagas oleh Tim PKK Aceh Barat, dengan harapan dapat menciptakan berbagai invoasi baru dalam hal pengolahan makananan berbahan baku ikan, sekaligus meningkatkan menu baru yang dipadukan dengan masakan khas Aceh.

Wisata kuliner yang digagas tersebut nantinya akan memproduksi aneka masakan yang berbahan baku ikan air tawar maupun ikan dari laut, sehingga hal ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pembukaan lapangan kerja baru masyarakat, dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut dia, ikan merupakan makanan bergizi tinggi untuk kesehatan manusia dan sebagai sumber protein hewani yang mempunyai kelebihan tersendiri. Untuk itu, kata dia, masyarakat harus lebih mengutamakan mengkonsumsi lauk dari ikan yang sehat dan bergizi.

Khusu kaum ibu, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga diimbau harus lebih berkreasi agar meningkatkan cita rasa masakan, karena dengan mengkonsumsi ikan maka sangat bermanfaat terhadap pertumbuhan generasi bangsa yang sehat dan cerdas.

“Aceh Barat merupakan daerah yang terkenal dengan lumbung ikan. Bukan hanya ikan laut, akan tetapi juga ikan tawar, sudah seharusnya kita lebih sering mengkonsumsi ikan,” ucap Marhaban.

Baca juga:   Ibunda Amanda Manopo Meninggal Dunia

Saat ini, kata dia, pemerintah pusat maupun di daerah melalui Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), sedang menggalakkan masyarakat supaya gemar dalam mengkonsumsi ikan.

Program tersebut, lanjutnya, juga diikuti dengan memperbanyak ketersediaan dan kemudahan akses terhadap produk-produk perikanan yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *