Malang, SERU.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berhasil membawa pulang penghargaan “Gold Winner” kategori Koperasi dan UMKM pada ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2022 yang digelar Humas Indonesia di Labuan Bajo, Jumat (5/8/2022). Melalui program UMKM of The Week, Pemkot Malang dinilai mampu memberdayakan UMKM se-Kota Malang melalui kanal media sosialnya.
Program yang diinisiasi sejak Mei 2021 silam rupanya telah berhasil mempromosikan kurang lebih 115 usaha lokal dan mampu menjangkau lebih dari 400 ribu pengguna media sosial. Berdasarkan kondisi ini, UMKM of The Week tentu memberikan dampak secara langsung terhadap program pemulihan ekonomi nasional melalui UMKM.
“Ini kami (Diskominfo) terjemahkan melalui langkah soft selling memasarkan berbagai kreasi lokal dalam UMKM of The Week,” seru Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Muhammad Nurwidianto, mewakili Wali Kota Malang saat penerimaan penghargaan.
Kadiskominfo Kota Malang ini menjelaskan, raihan prestis ini tidak lepas dari komitmen pimpinan dan kolaborasi apik antar perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang.
“Bapak Wali Kota senantiasa menekankan pada semua perangkat daerah untuk kolaborasi menghadirkan program yang mampu menstimulus pemulihan ekonomi,” imbuh Pak Wid, sapaan akrabnya.
Dirinya mengatakan, melalui UMKM of The Week tersebut, media sosial yang dimiliki oleh Pemkot Malang secara rutin menayangkan profil dan produk UMKM secara gratis. Hal ini bertujuan untuk mendorong produk-produk lokal asal Kota Malang untuk lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat.
“Kanal media sosial Pemkot Malang juga menghadirkan rubrik Ekraf of The Week dan Kuliner Legendaris di Kota Malang. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri dari banyak pengikut akun Pemkot Malang,” tutur Pak Wid.
Sebelumnya, pada ajang Jatim Kominfo Festival 2022, rubrik UMKM of The Week menyabet predikat Website Terbaik I dan Medsos Terbaik II Kategori Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Komitmen yang tinggi dalam pemulihan ekonomi juga menghantarkan Walikota Malang Sutiaji dinobatkan sebagai Tokoh Publik Terpopuler Media Online, bersama empat Wali Kota lainnya.
Terpisah, Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji mengatakan, dirinya berterimakasih atas komitmen bersama untuk terus menggelorakan pergerakan UMKM di Kota Malang. Memfasilitasi dan memberdayakan para pelaku UMKM se-Kota Malang, merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam menghadirkan layanan terbaik bagi masyarakat.
“Tentu ini hasil kerja bersama dalam spirit kolaborasi, akselarasi dan bangkit bersama. Dan sering saya tekankan pada perangkat daerah. Bicara pemulihan ekonomi atau UMKM itu bukan hanya kerjanya Diskopindag, semua harus bergerak,” tegas Sam Aji, sapaan orang nomor satu di Pemkot Malang tersebut.
Selanjutnya, Founder & CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan mengatakan, betapa pentingnya strategi komunikasi yang mendukung pembangunan inklusif.
“Isu inklusi sosial misalnya, saat ini patut mendapat perhatian sangat serius bagi organisasi/korporasi. Terutama dari para pemimpinnya agar strategi komunikasi yang dijalankan lebih relevan, empatik, dan berdampak,” papar Asmono.
Sebagai informasi, Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) pertama kali digelar tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi bagi para insan kehumasan yang telah mengomunikasikan praktik diversity, equity, inclusion (DEI) dan environmental, social, governance (ESG) terbaik di organisasinya.
Dimana keduanya adalah isu global yang kini menjadi arus utama bagi eksistensi organisasi/korporasi secara berkelanjutan. Sebanyak 77 entri proposal dari kementerian, BUMN, pemerintah provinsi, pemerintah kota/kabupaten dan korporasi mengikuti IDEAS 2022. (adv/bim/rhd)